ANALISIS PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL SANTIKA PONTIANAK

Victoria Riska Agustine B31110065

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh customer relationship management (CRM) yang terdiri dari pemasaran berkelanjutan (continuity marketing) dan pemasaran individual (one to one marketing) terhadap loyalitas pelanggan Hotel Santika Pontianak. Penelitian ini merupakan tipe penelitian penjelasan, karena penelitian ini bermaksud menjelaskan variabel­-variabel melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Populasi penelitian ini adalah tamu hotel yang menginap di Hotel Santika Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang memiliki frekuensi menginap lebih dari dua kali dengan tujuan perjalanan dinas, rekreasi dan urusan keluarga. Data di analisis dengan menggunakan analisa regresi linear berganda.

Hasil penelitian membuktikan hasil uji secara parsial antara variabel-variabel faktor pemasaran berkelanjutan (X1), pemasaran individual (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y) adalah sebagai berikut Secara parsial nilai t hitung variabel pemasaran berkelanjutan (X1) sebesar 1,637 dan t tabel sebesar 1,98 sehingga t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 1,637 < 1,98. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini variabel pemasaran berkelanjutan (X1) secara parsial merupakan faktor yang tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y). Secara parsial nilai t hitung variabel pemasaran individual (X2) sebesar 17,238 dan t tabel sebesar 1,98 sehingga t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu 17,238 > 1,98. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini pemasaran individual (X2) secara parsial merupakan faktor yang berpengaruh nyata terhadap loyalitas pelanggan (Y).

Kata Kunci : pemasaran berkelanjutan, pemasaran individual dan loyalitas pelanggan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.