ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSETS DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP CAPITAL ADEQUACY RATIO PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Novenkarnoto B31108001

Abstract


Dalam mendirikan perusahaan, tujuan utamanya adalah untuk memperoleh laba. Agar tujuan dapat dicapai, maka perbankan harus berkembang secara sehat. Salah satu cara untuk dapat melihat kondisi kesehatan bank adalah melalui laporan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan Capital Adequacy Ratio (CAR), pengaruh Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR), pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR), serta pengaruh Return On Equity (ROE) terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR)  pada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2006 sampai dengan 2010.

Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan metode kausal komparatif dalam bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumenter dan teknik analisis data dilakukan dengan program SPSS.

Dalam penelitian ini diketahui bahwa hasil perhitungan rasio profitabilitas yaitu ROA pada perusahaan-perusahaan perbankan yang terdaftar di IDX memiliki tingkatan yang cukup baik, dimana rata-rata tingkat ROA perusahaan di atas 0.49%. Tingkat ROA yang paling tinggi terdapat pada perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dengan tingkat ROA-nya 2.84% pada tahun 2010. Penelitian Hasil perhitungan rasio profitabilitas yaitu ROE pada perusahaan-perusahaan perbankan yang terdaftar di IDX memiliki tingkatan yang cukup baik, dimana rata-rata tingkat ROE perusahaan di atas 1.58%. Tingkat ROE yang paling tinggi terdapat pada perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dengan tingkat ROE-nya 31.28% pada tahun 2010. Serta Hasil perhitungan rasio solvabilitas yaitu CAR pada perusahaan-perusahaan perbankan yang terdaftar di IDX memiliki tingkatan yang cukup baik, dimana rata-rata tingkat CAR perusahaan di atas 7.28%. Tingkat CAR yang paling tinggi terdapat pada perusahaan PT Bank Negara Indonesia Tbk dengan tingkat CAR-nya 22.15% pada tahun 2010. Setelah dilakukan uji signifikansi disimpulkan bahwa tidak menunjukkan ada nya pengaruh dari Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR). Secara parsial ROA tidak mempengaruhi Capital Adequacy Ratio (CAR) serta secara parsial ROE tidak mempengaruhi Capital Adequacy Ratio (CAR). Pembaca yang ingin menginvestasikan dananya disarankan dapat memilih bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia karena kondisi keuangannya yang sehat, contohnya seperti bank Mega, Mandiri, Bca, Bni, Bri, dan Panin.

 

Kata kunci : Return On Assets (ROA), Return On equity (ROE) dan Capital Adequacy Ratio (CAR).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.