“PENGARUH MODAL KERJA, UTANG, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB-SEKTOR PERDAGANGAN BESAR BARANG PRODUKSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)”

Suryati B11109102

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal kerja, utang, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas serta dampaknya terhadap return saham pada perusahaan sub-sektor perdagangan besar barang produksi yang terdaftar di BEI. Jenis penelitian ini adalah bentuk pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 29 perusahaan sub-sektor perdagangan besar barang produksi yang terdaftar di BEI dengan jumlah sampel sebanyak 17 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Secara parsial pada substruktur pertama analisis data untuk uji t dengan melihat nilai sig pada tabel Coefficient menunjukkan bahwa nilai untuk variabel independen working capital to total assets sebesar 0,877 dan untuk variabel ukuran perusahaan sebesar 0,089 menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dalam hubungannya dengan ROA sedangkan pada variabel debt to total assets sebesar 0,026 menunjukkan ada pengaruh yang signifikan. Pada substruktur kedua secara parsial analisis data untuk uji t dengan melihat nilai sig pada tabel Coefficient menunjukkan bahwa nilai untuk variabel independen working capital to total assets sebesar 0,921, debt to total assets sebesar 0,343, variabel ukuran perusahaan sebesar 0,148 dan untuk variabel profitabilitas sebesar 0,302. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dalam hubungannya dengan Return Saham.

Kata kunci : Working Capital to Total Asset (WCTA), Debt to Total Asset Ratio (DAR), Logaritma Natural of Total Asset, Return on Asset (ROA), Return Saham.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.