PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI KUE BINGKA PADA PD. KUE BINGKA ANGGREK PONTIANAK
Abstract
Usaha rumah tuangga kue bingka Anggrek merupakan perusahaan rumahan yang membuat aneka makanan berupa kue bingka. Produk kue bingka diproduksi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dalam rangka menyeimbangkan kebutuhan dan keinginan konsumen, dengan harapan perusahaan memerlukan kegiatan pemasaran, di mana fungsi pemasaran bertugas memperkenalkan produk tersebut kepada konsumen, dan agar konsumen bisa memenuhi kebutuhannya pada waktu dan tempat yang sesuai.
Metode penulisan dalam skripsi ini adalah metode survey dan alat analisanya adalah dengan metode kuantitatif. Penelitian menyimpulkan sebagai berikut: 1) Karakteristik responden yang membeli kue bingka Anggrek sebagian besar berumur 40-45 tahun, jenis kelamin laki-laki, tingkat pendidikan SD, memiliki tanggungan 4 orang dan memiliki penghasilan bulanan ≥ 750.000-1.499.999, 2) Hasil uji normalitas data menunjukkan nilai signifikan lebih besar dari 0,05 yang berkisar antara 0.645 dan data dapat dikatakan berdistribusi normal, 3) Hasil uji determinan (R2) menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,508 atau 50,8% dan besar pengaruh yang diberikan masing-masing variabel bebas sebesar 50,8%, 4) Uji F menunjukkan nilai fhitung sebesar 8,257 sedangkan ftabel sebesar 1,671 hal ini berarti ada pengaruh secara simultan antara variabel bauran pemasaran (produk, harga, tempat dan promosi) terhadap keputusan pembelian dan 5) Uji analisis uji t, secara parsial terhadap 4 variabel independent yang terdiri dari product, place, price and promotion. Ada di antaranya berpengaruh kuat terhadap keputusan pembelian yaitu: harga, produk dan promosi yang secara nyata tampak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kue bingka Anggrek Pontianak sedangkan tempat dinyatakan tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y).
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Kue Bingka Anggrek
Refbacks
- There are currently no refbacks.