ANALISIS PERSEPSI NASABAH TERHADAP PRODUK JASA KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BNI GRIYA PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA, TBK DI KOTA PONTIANAK

Wahyu Syahputra B31108005

Abstract


PT. Bank Negara Indonesia merupakan salah satu bank yang bergerak dalam bidang jasa Kredit Pemilikan Rumah. PT. Bank Negara Indonesia mengeluarkan produknya yaitu BNI Griya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi nasabah terhadap produk jasa kredit pemilikan rumah (KPR) BNI Griya pada PT Bank Negara Indonesia. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh pelanggan BNI Griya Kredit Pemilikan Rumah pada PT. Bank Negara Indonesia di Kota Pontianak yang berjumlah 1.204 nasabah dari tahun 2011-2013. Sampel sebanyak 100 orang, teknik penarikan sampel dengan dengan cara purposive sampling dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian sebagai berikut: Pada variabel produk secara umum rata-rata pendapat responden pada variabel ini masuk dalam kategori penilaian sangat baik. Pada variabel harga secara umum rata-rata pendapat responden pada variabel ini masuk dalam kategori penilaian baik. Pada variabel secara umum rata-rata pendapat responden pada variabel ini masuk dalam kategori penilaian baik. Pada variabel promosi secara umum rata-rata pendapat responden pada variabel ini masuk dalam kategori penilaian baik. Pada variabel proses secara umum rata-rata pendapat responden pada variabel ini masuk dalam kategori penilaian sangat baik. Pada variabel orang secara umum rata-rata pendapat responden pada variabel ini masuk dalam kategori penilaian sangat baik dan pada variabel bukti fisik secara umum rata-rata pendapat responden pada variabel ini masuk dalam kategori penilaian sangat baik. Nilai total rata-rata dari jawaban responden dalam penelitian ini masuk dalam kategori penilaian sangat baik.

Saran-saran yang penulis berikan sebaiknya mempertahankan kebijakan yang telah dianggap sangat baik menurut penilaian responden terhadap produk jasa KPR BNI Griya pada   PT BNI Indonesia di Kota Pontianak seperti pada variabel  produk, orang, proses, bukti fisik dan sebaiknya meningkatkan lagi kebijakan yang telah dianggap baik menurut penilaian responden agar menjadi sangat baik terhadap produk jasa KPR BNI Griya pada PT BNI Indonesia di Kota Pontianak seperti pada variabel harga, tempat dan promosi.

Kata Kunci: Persepsi, Kredit Pemilikan Rumah (kpr)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.