ANALISIS PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studipada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftardi BEI periodeTahun 2011 – 2013)

Rusma Fauzi B31110066

Abstract


Perusahaan didirikan dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan sehingga dapat memberikan kemakmuran bagi pemilik atau para pemegang saham. Salah satu upaya untuk mencapai tujuannya, perusahaan selalu berusaha memaksimalkan labanya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat profitabilitas suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh dari variabel likuiditas, leverage dan perputaran modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur di Indonesia.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang listing di BEI pada tahun 2011-2013. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 34 perusahaan yang memenuhi syarat sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yang terdiri dari likuiditas, leverage dan perputaran modal kerja terhadap profitabilitas (ROA) perusahaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel likuiditas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap profitabilitas, variabel leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas dan variabel perputaran modal kerja berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap profitabilitas. Sehingga, hanya leverage yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat profitabilitas perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2013.

Kata kunci: profitabilitas, rasio keuangan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.