PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN PDAM KOTA PONTIANAK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana “pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kualitas layanan dan dampaknya terhadap kinerja pemasaran PDAM Kota Pontianak”. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian statistik deskriptif. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 56 responden. Populasinya adalah pegawai Perusahaan Daerah Air Minum Kota Pontianak. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis path yaitu membandingkan seberapa besar pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel. Olah data menggunakan program SPSS versi 16. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa pengaruh langsung variabel gaya kepemimpinan terhadap kinerja pemasaran lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung variabel gaya kepemimpinan melalui kualitas layanan lebih kecil pengaruhnya. Hubungan variabel gaya kepemimpinan terhadap kualitas layanan adalah positif dan signifikan, begitu juga hubungan gaya kepemimpinan terhadap kinerja pemasaran dan hubungan kualitas layanan terhadap kinerja pemasaran yang menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan.
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kualitas Layanan, Kinerja Pemasaran
Refbacks
- There are currently no refbacks.