PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN NON FISIK TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU TETAP DI SMP NEGERI 3 PONTIANAK

KORY AGUSTINA B31109083

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh lingkungan kerja fisik yang terdiri dari penerangan, warna, udara dan suara ; serta lingkungan kerja non fisik yang terdiri dari kepemimpinan dan hubungan kerja karyawan terhadap disiplin kerja Guru Tetap di SMP Negeri 3 Pontianak. Dalam penelitian ini populasinya adalah para Guru Tetap di SMP Negeri 3 Pontianak.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner yang berhasil dikumpulkan berasal dari 38 responden yang kesemuanya adalah Guru Tetap di SMP Negeri 3 Pontianak.Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh atau sensus, yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel.

Pada tahap analisis dilakukan uji reliabilitas dan validitas untuk kuisioner yang disebar kepada responden, selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari: uji multikolinearitas, heterokedastisitas dan uji normalitas; analisis regresi linear berganda; uji goodness of fit yang terdiri dari: uji F dan uji t; koefisien determinasi (R2), serta Aplikasi SPSS versi 19 digunakan untuk membantu pengujian model ini.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel independen yaitu lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap variabel dependen yaitu disiplin kerja. Hasil analisis regresi berganda yaitu, Y = 6,479 + 0,995 X1 + 1.423 X2. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah lingkungan kerja non fisik (1,423), dan diikuti oleh variabel lingkungan kerja fisik (0,995).

Hasil uji F dan uji t membuktikan bahwa semua variabel independen yang terdiri dari lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik berpengaruh positif terhadap disiplin kerja Guru Tetap di SMP negeri 3 Pontianak baik secara simultan maupun parsial. Dan koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,501. Hal ini berarti 50,1% disiplin kerja dapat dijelaskan oleh variabel independen yang terdiri dari lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik, sedangkan sisanya 49,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci :    Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik, Penerangan, Warna, Udara, Suara, Kepemimpinan, Hubungan Kerja Karyawan dan Disiplin Kerja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.