PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PEGAWAI DINAS CIPTA KARYA TATA RUANG DAN PERUMAHAN KOTA PONTIANAK

DIAN KARTIKA DEWI B31110070

Abstract


Sumber Daya Manusia adalah salah satu ujung tombak organisasi. Tanpa adanya SDM seluruh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan tidak dapat diolah dan dikembangkan untuk keuntungan organisasi, demikian juga pada organisasi pemerintah. Setiap organisasi,  termasuk organisasi pemerintah mempunyai Organizational Citizenship Behavior atau OCB yang sangat membantu para pegawai termasuk para pegawai kontrak, dalam lingkup sosial pekerjaan mereka. Beberapa aspek yang dibutuhkan dan sekaligus dapat menentukan tinggi rendahnya kadar OCB para karyawan baik kontrak ataupun permanen adalah loyalitas, kepatuhan dan partisipasi mereka terhadap instansi pemerintah yang menaungi.

Tingkat loyalitas, kepatuhan dan partisipasi pegawai kontrak di sektor pemerintahan merupakan suatu hal yang menarik untuk diteliti. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  dan menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap OCB pegawai kontrak dalam instansi pemerintah, dengan menggunakan faktor Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasi sebagai variabel independen dan faktor Motivasi Kerja sebagai variabel intervening. Adapun obyek yang digunakan sebagai sample penelitian adalah pegawai kontrak di lingkungan Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Perumahan Kota Pontianak yang berjumlah 65orang. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa secara signifikan faktor Motivasi Prestasi dan Motivasi Afiliasi berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior pada pegawai kontrak, sedangkan faktor Motivasi Kekuasaan tidak berpengaruh terhadap OCB pegawai kontrak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.