ANALISIS PENGARUH CASH FLOW,PRICE TO BOOK VALUE DAN FIRM AGE TERHADAP EARNINGS PER SHARE PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR OTOMOTIF & KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Rudi Hartono B11111155

Abstract


Pada dasarnya tujuan utama perusahaan adalah untuk meningkatkan dan memaksimalkan keuntungan para pemilik perusahaan yang tercermin dalam laba bersih per lembar saham (earning per share).Earning per share (EPS) menunjukkan seberapa besar kemampuan perusahaan untuk memberikan pengembalian (return) kepada pemilik perusahaan. EPS bisa dijadikan indikator utama dalam mengamati pergerakan saham. Hal ini dikarenakan besarnya nilai EPS akan mempengaruhi harga saham di pasar untuk memperoleh capital gain dan menentukan besarnya dividen.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari free cash flow, price to book value, and firm age terhadap earning per share. Sampel penelitian adalah perusahaan sub sektor Otomotif & Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dan Indonesian Capital Market Directory dari Indonesia Stock Exchange (IDX). Data dianalisis dengan menggunakan metode regresi berganda dengan program SPSS 16.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan free cash flow, price to book value dan firm age berpengaruh signifikan terhadap earning per share. Secara parsial, price to book value dan firm age berpengaruh positif dan signifikan terhadap earning per share, sedangkan free cash flow berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap earning per share.

Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,550 atau 55% menunjukkan kemampuan semua variabel independen dalam mempengaruhi earning per shareadalah tinggi, sedangkan sisanya 45% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan di dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : free cash flow, price to book value, firm age, earning per share


Refbacks

  • There are currently no refbacks.