ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA SCOOPY
Abstract
Untuk menarik minat konsumen membeli produk yang ditawarkan maka dibutuhkan adanya promosi yang efektif, harga yang kompetitif dibandingkan harga yang ditawarkan pesaing, kualitas produk yang bermutu dan juga layanan purna jual yang mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Penelitian ini adalah penelitian survey dan merupakan penelitian penjelasan (explanatory research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini yang merupakan konsumen yang telah membeli dan memakai sepeda motor Honda Scoopy. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression), uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan secara simultan dan parsial, serta dilakukan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara simultan hasil penelitian membuktikan bahwa semua variabel independen (kualitas produk, harga, promosi dan layanan purna jual) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy. Secara parsial hasil penelitian membuktikan bahwa variabel kualitas produk, harga dan layanan purna jual mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy.
Refbacks
- There are currently no refbacks.