ANALISIS EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT. PASQUA PONTIANAK

Yekti Purwo Asih B41108075

Abstract


Sistem informasi akuntansi pada PT. PASQUA Pontianak masih menggunakan sistem yang manual sehingga memerlukan evaluasi sistem yang akan di buat oleh penulis berdasarkan hasil dokumentasi dan wawancara yang telah dilakukan terhadap karyawan.

Tujuan penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keefektifan dari sistem informasi akuntansi penjualan  dan penerimaan kas serta pembelian dan persediaan yang diterapkan pada PT. Pasqua Pontianak , serta kelebihan dan kelemahan system yang menyebabkan timbulnya masalah pada bagian penjualan khususnya serta bagian penerimaan kas, pembelian dan persediaan.

Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif. Air minum kemasan gallon yang menjadi objek dalam penelitian ini. Data primer diperoleh dari dokumen yang terdapat pada PT. Pasqua Pontianak. Penilaian dilakukan dengan menganalisis evaluasi  system informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas serta pembelian dan persediaan dengan menggunakan flowchart. Hal ini membuktikan bahwa PT. Pasqua Pontianak memiliki sistem informasi akuntansi dan sistem pengendalian intern yang cukup efektif, namun adanya beberapa kelemahan yang terdapat dalam sistem itu sendiri.

Hasil evaluasi sistem dan prosedur akuntansi penjualan tunai dan penerimaan kas serta pembelian dan persediaan yang dijalankan perusahaan sudah memadai hal itu dikarenakan adanya pemisahan fungsi, adanya otorisasi persetujuan, adanya penambahan fungsi, terdapat struktur pengendalian intern.

Kata Kunci : Analisis Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penjualan, Pembelian, Penerimaan Kas dan Persediaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.