ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Ahmad Rendi Imola

Abstract


                                                    Abstrak


Perusahaan dari sektor tekstil merupakan salah satu sektor yang menarik untuk dibahas dalam penelitian ini, karena beberapa hasil limbah dari kegiatan perusahaan tekstil dapat merusak alam dan kehidupan sosial masyarakat disekitarnya. Pengungkapan CSR ini diharapkan dapat mengingkatkan dukungan stakeholder untuk mendorong kelangsungan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh profitabilitas perusahaan terhadap pengungkapan Corporate social responsibility.dan apakah terdapat pengaruh likuiditas perusahaan terhadap pengungkapan Corporate social responsibility. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, penelitian kuantitatif merupakan salah satu bentuk penelitian yang bersifat sistematis. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder. Sumber data penelitian yang digunakan, diambil dari annual report dan corporate social responsibility masing-masing perusahaan pada tahun 2016 sampai dengan 2018. Hasil dari analisis penelitian ini menunjukkan bahwa rasio Profitabilitas dan rasio Likuiditas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan CSR.
Kata Kunci: Profitabilitas, Likuiditas, CSR, Tekstil dan Garmen

                                             Referensi


Anggraini, Luciana Spica. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang, 1-21.
Ayu, Dea Putri, A. A. Gede Suarjaya. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Coprporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 2, 2017: 1112-1138.
Bimaswara, Leny Suzan, S.E., M.Si, Dewa Putra Khrisna Mahardika, S.E., M.Si (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Risiko Keuangan, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Studi Pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016). e-Proceeding of Management : Vol.5, No.2 Agustus 2018.
Cahyandito, M. F. (2010). Pembangunan Berkelanjutan, Ekonomi dan Ekologi, Sustainability Communication dan Sustainability Reporting. Jurnal LMFE, (22), 1–12.
Chariri, A. 2008. Kritik Sosial Atas Pemakaian Teori dalam Penelitian Sosial dan Lingkungan, Jurnal Maksi.8(2): 158–159.
Chariri, Anis. Nugroho, Firman Aji. (2009). Retorika Dalam Pelaporan Corporate Social Responsibility Analisis Semotik Atas Sustainability Reporting PT Aneka Tambang Tbk. Simposium Nasional Akuntansi XII.
Darsono, Ashari. (2005). Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan, Andi, Yogyakarta.
Damayanti, A. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi UII.
Elkington, J. (1997). "The Triple Bottom Line of 21 st Century Business Cannibals With Forks". Cannibals with Forks. Vol 1(April): pp 1–16.
Fajrina, Rezi. (2014). Pengaruh Kinerja Lingkungan, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Manajemen Laba Dan Solvabilitas Terhadap
Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011). Artikel Universitas Negeri Padang
Global Reporting Initiative (GRI). 2003. Pedoman Laporan Berkelanjutan (GRI-G4). Versi Bahasa Indonesia. (https://www.globalreporting.org. Diakses pada tanggal 30 Juni 2019).
Idah. (2013). Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan Dalam Pengungkapan Sustainability Report. Jurnal Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 314-322.
Kusumadilaga, Rimba. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Kristi, A. A. (2013). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Publik di Indonesia. Penelitian Terpublikasi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya. Malang.
Munawir, 2007. Analisa Laporan Keuangan, Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Nasir, Azwir, Ilham, Elfi , Utara, Vadela Irna. (2014). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Sustainability Report Pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar, Jurnal Ekonomi, 1-18.
Netriana, Dhieka. (2015). Analisis Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Sustainability Reporting pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.
Nurdin, E., dan Cahyandito, M. F. (2006). Pengungkapan Tema-Tema Sosial dan Lingkungan dalam Laporan Tahunan Perusahaan terhadap Reaksi Investor. Jurnal KLH, (401): 1–17.
Purwanto, A. (2011). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi dan Auditing, 8 (1), pp. 1-94.
Purwaningsih, Rina Puji, Suyanto (2015). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan
(Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013)
Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 Pasal 2
Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 Pasal 3 Ayat 1
Respati, Rheza Dwi, Paulus Basuki Hadiprajitno. (2015). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Tipe Industri, dan Pengungkapan Media Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014). Volume 4, Nomor 4, Tahun 2015, Halaman 1-1.
Riantani, S., & Nurzamzam, H. (2015). Analysis Of Company Size , Financial Leverage , And Profitability And Its Effect To Csr Disclosure. Jurnal Dinamika Manajemen, 6(2), 453–463.
Rokhman, M.Taufiq Noor. (2014). Pengaruh Size, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar Di BEI). JURNAL ILMIAH - VIDYA , Vol. 25 No. 2.
Rosmanita, Hardhina. (2007). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pengungkapan Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur di BEJ. Skripsi S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Ruroh, Ivon Nurmas, Sri Wahjuni Latifah. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Risk Minimization Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2015- 2016). JURNAL AKADEMI AKUNTANSI 2018 Volume. 1 No. 1.
Sembiring, Eddy Rismanda. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial : Study Empiris Pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. SNA VII Solo, 15-16.
Soelistyoningrum, Jenia Nur. (2011). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia). Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Sulthony, Zahrul Makarim. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
(Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016).
Tumewu, Silvia, Felizia Arni Rudiawarni, S.E., M.Ak., CFP. (2014). Pengaruh Earnings Management Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Corporate Financial Performance Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2010-2012. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.3 No.2.
Undang Undang No. 40 Tahun 2007 Pasal 66 Ayat 2
Undang Undang No. 40 Tahun 2007 Pasal 74 Ayat 1 – 4
Undang Undang No. 23 Tahun 1997 Pasal 5 Ayat 1 -2
Latupapua, Yosevita. (2015). “Implementasi Peran Stakeholder dalam Pengembangan Ekowisata di Taman Nasional Manusela (TNM) di Kabupaten Maluku Tengah.” Jurnal Agroforestri X Nomor 1 ISSN : 1907-7556.
Wakid, Nadiah Lutfi, Triyuwono, Iwan, Assih, Prihat. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. e-jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 1-27.
Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Gresik: Fascho Publishing.
Widianto, Hari Suryono. (2011). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Aktivitas, Ukuran Perusahaan, dan Corporate Governance Terhadap Praktik Pengungkapan Sustainability Report (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan yang Listed (Go Public) di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009). Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro
Yanti, Ni Kadek Ayu Giri, I Gusti Ayu Nyoman Budiasih. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.17.3. Desember (2016): 1752-1779.
Sumber Online :
https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2018/01/25/pembayaran-denda-oleh-pt-indo-bharat-untuk-pencemaran-rawamati-bukan-sungai Diakses pada tanggal 20 Juni 2019
https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2018/01/25/buang-limbah-ke-anak-sungai-citarum-pabrik-di-majalaya-dihentikan-sementara Diakses pada tanggal 20 Juni 2019
https://dosenakuntansi.com/pengertian-kinerja-keuangan Diakses pada tanggal 1 Juli 2019



Refbacks

  • There are currently no refbacks.