EFFECT OF INTELLECTUAL INTELLIGENCE, EMOTIONAL INTELLIGENCE, AND SPIRITUAL INTELLIGENCE ON CAREER SELECTION OF ACCOUNTING STUDENTS

Winda Listianti B1034151010

Abstract


Abstract

This study aimed to examine the effect of intellectual intelligence, emotional intelligence, and spiritual intelligence on career selection of accounting students.

This study used primary data by providing questions in the form of questionnaires distributed to respondents who are students in the 7th semester until the final semester and still active in Department of Accounting, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura. Samples were selected using the purposive sampling method. There are 150 questionnaires were distributed and 88 questionnaires returned and 88 questionnaires could be analyzed. The statistical method used to test hypotheses is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that simultaneously intellectual intelligence, emotional intelligence, and spiritual intelligence influence the career selection of accounting students, while partially only intellectual intelligence has a significant effect.

 Keywords: Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Career Selection, Accountants, Non-Accountants

 

REFERENCES

Agustini, S., & Herawati, N. T. (2013). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap sikap etis mahasiswa S1 akuntansi universitas pendidikan ganesha singaraja. E-Journal Undiksha. 1(1).

Anam, H., & Ardillah, L. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial terhadap pemahaman akuntansi. Applied Science Journal. 1(2), pp. 40-47.

Amaliyah. (2017). Hubungan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa SD muhammadiyah 29 sunggal deli serdang. ANSIRU Journal. 1(1), pp. 64-87.

Ardana, I. C., Aritonang, L. R., & Dermawan, E. S. (2013). Kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kesehatan fisik untuk memprediksiprestasi belajar mahasiswa akuntansi. Accounting Journal. 17(3), pp. 444-458.

Ariantini, K. T., Herawati, N. T., & Sulindawati, N. L. G. E. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial terhadap pemahaman akuntansi pada mahasiswa jurusan akuntansi program S1 angkatan 2013 universitas pendidikan ganesha. Accounting Journal. 7(1).

Artana, M. B., Herawati, N. T., & Atmadja, A. W. T. (2014). Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ) dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi. Accounting Journal. 2(1).

Asih, M. (2015). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial terhadap pemahaman akuntansi. Accounting Journal. 17(3), pp. 3-19.

Depdikbud. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dewi, N. K. D. K., & Budiasih, I. G. A. N. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional, norma subjektif, dan kontrol perilaku pada minat berkarir mahasiswa pendidikan profesi akuntansi. Accounting E-Journal. 20(2), pp. 1016-1045.

Febriyani, F., & Priantinah, D. (2017). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Professional Journal. 4(2), pp. 1-24.

Hardiat. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ikhsan, A., & Suprasto, H. B. (2008). Teori Akuntansi & Riset Multiparadigma. 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Laksmi, R. A., & Sujana, I. K. (2009). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi. Accounting Journal. 21(2), pp. 1373-1399.

Melda, D. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir mahasiswa tingkat akhir pada universitas raja ali haji (UMRAH). Accounting Journal. pp. 1-22.

Merdekawati, D. P., & Sulistyawati, A. I. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir akuntan publik dan non akuntan publik. Asset Journal. 13(1), pp. 9-19.

Nurmayati, P. (2009). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi: ditinjau dari perspektif gender. Accounting Studies and Auditing Journal. 4(1), pp. 15-37.

Pasek, N. S. (2016). Pengaruh kecerdasan intelektual pada pemahaman akuntansi dengan kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual sebagai variabel pemoderasi. Accounting Science Journal. 1(1), pp. 62-76.

Parauba, I. (2014). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas sam ratulangi manado. Research and Accounting Journal. 9(2), pp. 53-67.

Prawira, P. A. (2014). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Purwanto, N. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putri, Y. S. (2016). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT. PLN persero area klaten. Management and Organizational Study Journal. 13, pp. 88-97.

Raharjo, A. T. (2010). Hubungan antara multiple intelligence dengan prestasi belajar siswa kelas xi di SMA negeri 10 malang. Psychology Journal. 5(2), pp. 311-322.

Riswandari, E. (2017). Persepsi mahasiswa akuntansi universitas bunda mulia tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir. Business Accounting Journal. 2(2), pp. 1-26.

Rusmiani, N. K. A., & Widanaputra, A. A. G. P. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan perilaku belajar pada tingkat pemahaman akuntansi. Accounting Journal. 20(2), pp. 959-985.

Sahara, M. A. (2014). Pengaruh perilaku belajar, kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial terhadap pemahaman akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji. pp. 1-23.

Sarwono, J. (2015). Rumus-rumus Populer dalam SPSS 22 untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Soedewo, S., & Loba, H. T. (2017). Alasan-alasan yang mempengaruhi keputusan pemilihan karir pada mahasiswa akuntansi universitas wisnuwardhana malang. Management and Business Journal. 3(1), pp. 9-26.

Simanjorang, D., & Sipayung, F. (2012). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap etis mahasiswa manajemen fakultas ekonomi universitas sumatera utara. Economic Journal. 15(2), pp. 75-89.

Sugiono, D. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional, motivasi dan perilaku belajar terhadap pemilihan karir mahasiswa akuntansi pada STIE Malang. Accounting Scholarship. 4(3), pp. 15-36.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: C.V ALFABETA.

Suwardjono. (2005). Teori Akuntansi; Perekayasaan Pelaporan Keuangan. 3rd ed. Yogyakarta: BPFE.

Tarigan, E. Br. (2015). Analisis pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja manajerial pada hotel-hotel berbintang 3 di pekanbaru. Accounting Journal. 2(2), pp. 1-25.

Tikollah, M. R., Triyuwono, I., & Ludigdo, H. U. (2006). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi. National Accounting Symposium. pp. 1-16.

Tjun, L. T., Setiawan, S., & Setiana, S. (2009). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi dilihat dari perspektif gender. Accounting Journal. 1(2), pp. 101-118.

Uno, H. B. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.