Analisis Penerapan PSAK 105 Tentang Akuntansi Mudharabah pada PT. Bank Syariah Mandiri

Anissa Feradha B1031131129 putri

Abstract


 

ABSTRAK

 

Skripsi ini yang berjudul “Analisis Penerapan PSAK No. 105 Tentang Akuntansi Mudharabah Pada PT. Bank Syariah Mandiri”, ini bertujuan untuk menganalisis penerapan PSAK No. 105 Akuntansi Mudharabah tentang Pengakuan dan Pengukura pembiayaan serta bagi hasil mudharabah pada PT. Bank Syariah Mandiri.

Skripsi ini dilakukan dengan metode Deskriprtif. Data yang diperoleh dengan menggunakan metode Dokumenter yaitu dengan cara mengumpulkan data melalui arsip, catatan objek penelitian serta literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah skripsi ini.

Pengakuan dan pengukuran pembiayaan serta perhitungan bagi hasil Mudharabah berpedoman pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 105 tentang “Akuntansi Mudharabah” yang diterbitkan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). PSAK No. 105 merupakan 6 pasal baru yang disahkan oleh IAI pada September 2007 yang merupakan pengganti dari PSAK No.59 tentang Akuntansi Perbankan Syariah.

Pembiayaan Mudharabah dibagi menjadi 2 yaitu Mudharabah Muhtlaqah dimana pemilik dana memberikan kebebasan kepada pengelola dana dalam pengelolaan investasinya. Pemilik dana (Shahibul Maal) tidak memberikan batasan atas dana investasinya. Aplikasi perbankan yang sesuai dengan akad ini ialah time deposit biasa. Mudharabah Muqayyadah dimana pemilik dna memberikan batasan kepada pengelola dana mengenai tempat, cara dan objek investasi. Dalam hal ini pengelola dana (Mudharib) hanya bisa mengelola dana tersebut sesuai dengan batasan yang diberikan oleh Shahibul Maal. Aplikasi perbankan yang sesuai dengan akad ini adalah Special Invesment.

            Tujuan penyusunan Laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi mengenai keadaan keuangan PT. Bank Syariah Mandiri khususnya yang berkaitan dengan Akuntansi Mudharabah dalam satu periode tertentu kepada semua pihak yang berkepentingan. Pada catatan atas laporan keuangan tentang pembiayaan Mudharabah yang dibuat oleh PT. Bank Syariah Mandiri tidak memaparkan standar akuntansi yang digunakan

Laporan keuangan yang dibuat oleh PT. Bank Syariah Mandiri hampir sepenuhnya sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 105 hanya saja pada Catatan Atas Laporan Keuangan tidak dipaparkan PSAK yang digunakan serta pada bagian Ikhtisar Kebijaksanaan Akuntansi belum memuat tentang pengakuan dan pengukuran serta bagi hasil yang digunakan oleh PT. Bank Syariah Mandiri, Laporan Keuangan yang dibuat oleh PT. Bank Syariah Mandiri telah disusun secara komperatif untuk dua (2) tahun buku terakhir yaitu 2015 dan 2016  telah diaudit oleh akuntan publik.                                                      

 

Kata Kunci: Pengakuan dan Pengukuran, Mudharabah, Ikhtisar Kebijaksanaan



 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.