ANALISIS PENGARUH TINGKAT RISIKO PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP PROITABILITAS (ROA) PADA BANK SYARIAH

Zamhur Mustaqim Zamhur B41110013

Abstract


ABSTRAKSI

Perbankan syariah saat ini mulai berkembang dikalangan masyarakat Indonesia karena aktivitasnya meninggalkan riba dan beroperasi tidak mengandalkan bunga. Bank syariah adalah lembaga keuangan atau perbankan yang usaha pokoknya adalah memberikan kredit dan jasa-jasa dalam pembayaran yang beroprasi disesuaikan dengan prinsip syariah islam. Adapun prinsip syariah pada perbankan syariah antara lain pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil (Mudharabah), pembiayaan berdasarkan penyertaan modal (Musyarakah), prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan (Murabahah), atau pembiayaan barang modal berdasarkan prinsip sewa murni tanpa pilihan (Ijarah), atau dengan adanya pilihan pemindahan kepemilikan atas barang yang di sewa dari pihak bank oleh pihak lain (ijarah wa iqtina).

            Salah satu produk utama dari perbankan syariah adalah produk pembiayaan. Pada perbankan syariah produk pembiayaan yaitu pembiayaan mudharabah dan musyarakah. Pembiayaan ini merupakan pembiayaan yang high risk high return, artinya risiko kerugian akibat kegagalan cukup besar bagi perbankan meskipun potensi keuntungan yang di dapat juga sangat besar. Pendapatan ataupun kerugian ini merupakan salah satu indicator laba perusahaan, dimana laba tersebut menjadi salah satu indicator profitabilitas yang merupakan ukuran untuk melihat tingkat kinerja perusahaan tersebut.

            Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti apakah risiko pembiayaan mudharabah dan musyarakah berpengaruh terhadap profitabilitas pada perbankan syariah di Indonesia. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis statistic berupa analisis regresi linier berganda. data yang di dapat adalah data sekunder berupa laporan keuangan dari sumber-sumber yang terkait. Pada penelitian ini digunakan uji secara parsial dan simultan untuk mencari pengaruh antara variabel independen (risiko pembiayaan mudharabah dan musyarakah) terhadap variabel dependen (profitabilitas). Dari hasil penetian ini menyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara risiko pembiayaan mudharabah dan risiko pembiayaan musyarakah terhadap profitabilitas baik secara parsial maupun secara simultan.

Kata kunci : bank syariah, pembiayaan, risiko pembiayaan, pembiayaan mudharabah, pembiayaan musyarakah, pendapatan bagi hasil, high risk high return, ROA, profitabilitas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.