ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA MADARASAH IBTIDAIYAH MATHLA’UL ANWAR SUNGAI ADONG DESA KUALA DUA KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

SUNARYO B51112008

Abstract


Penelitian ini dilakukan  di  Madarasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar. Analisis yang digunakan adalah evaluasi struktur organisasi, analisis flowchart dengan memaparkan mekanisme penyaluran dana BOS yang terdiri dari: alur pengiriman data jumlah siswa, alur alokasi dan seleksi, dan alur penyaluran dana BOS, dan analisis internal control questionaires daftar pertanyaan yang disusun untuk mengetahui sistem pengendalian internal dalam pelaksanaan program BOS.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengendalian internal dalam pelaksanaan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madarasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar sudah berjalan secara efektif atau belum. Program BOS merupakan upaya untuk meningkatkan akses masyarakat khususnya siswa dari keluarga miskin terhadap pendidikan yang berkualitas dalam rangka penentuan wajib belajar sembilan tahun.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian internal dalam pelaksanaan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madarasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi struktur organisasi, analisis flowchart, dan analisis internal control questionaires yang telah dijalankan secara efektif dan sesuai prosedur yang berlaku.

 

Kata kunci: sistem pengendalian internal dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS),Analisis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]