PENGARUH KECERDASAAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Trie Pusrika B41108115

Abstract


Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian (Hanifah Syukry (2001), sinar embong bulan  (2012). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh kecerdasan Emosional dan perilaku belajar  terhadap prestasi akademik Mahasiswa Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura. metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda serta pengujian hipotesis.

Prestasi akademik yang dicapai seorang mahasiswa merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruinya, baik dari dalam diri mahasiswa (faktor internal) maupun dari luar diri mahasiswa (faktor eksternal).

Penelitian ini menggunakan metode survey yang menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Pengukuran kecerdasan emosional terdiri dari aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Sedangkan pengukuran perilaku belajar terdiri dari aspek kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan ke perpurtakaan dan kebiasaan menghadapi ujian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiwa angkatan (2009) dan (2010) jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas TanjungPura di Pontianak. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 71 mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura.

Hasil pengujian hipotesis mengindikasikan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap tingkat prestasi akademik. Perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat prestasi akademik. Sedangkan kecerdasan emosional dan perilaku belajar tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura

Kata kunci;  perilaku belajar, dan prestasi akademik

Refbacks

  • There are currently no refbacks.