ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU SAKU BIOLOGI BERBASIS MIND MAP (BIOMAP)

Ade Suryanda, Eka Putri Azrai, Anita Julita

Abstract


Pocketbook based on Mind Map is a supporting book with a size smaller than the standard size, which is systematically in accordance with the working principle of the brain and does not require extensive space in storing it. The aims of studies to explore the potential for developing biology pocketbook based on Mind Map (BIOMAP). This is a descriptive qualitative study with survey methods. The Data collected using the instrument developed that was validated by two experts and tested on 51 students and two high school biology teachers in Jakarta.  The results obtained explained that around 72.5% of respondents answered that biological material was difficult to learn. For difficult material, 53.8% of respondents answered Animalia and Plantae. Biological learning difficulties are dominated by the amount of memorization in the material according to the opinion of 72.1% of respondents. Teacher respondents argue that additional learning resources can stimulate students to improve their learning outcomes. The existence of various additional learning resources it is hoped that it can be a solution to the learning problems experienced by students. Based on these data, it can be concluded that students need additional innovative and interesting learning resources accompanied by mind maps.

Abstrak

Buku saku berbasis Mind Map  merupakan buku pendukung berukuran lebih kecil dari buku standar, yang secara sistematis sesuai dengan prinsip kerja otak dan tidak memerlukan ruang luas dalam menyimpannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi pengembangan buku saku biologi berdasarkan Mind Map (BIOMAP). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode survei. Data dikumpulkan menggunakan instrumen yang telah divalidasi oleh dua ahli dan diuji pada 51 siswa dan dua guru biologi SMA di Jakarta. Hasil yang diperoleh menjelaskan bahwa sekitar 72,5% responden menjawab bahwa materi biologi sulit dipelajari. Untuk materi yang sulit, 53,8% responden menjawab materi Animalia dan Plantae. Kesulitan belajar biologi disebabkan banyaknya hafalan pada materi tersebut menurut pendapat 72,1% responden. Responden guru berpendapat bahwa sumber belajar tambahan dapat merangsang siswa untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Adanya berbagai sumber belajar tambahan diharapkan dapat menjadi solusi bagi masalah belajar yang dialami siswa. Berdasarkan data ini, dapat disimpulkan bahwa siswa membutuhkan sumber belajar yang inovatif dan menarik yang disertai dengan mind map.

Kata kunci: BIOMAP, Buku saku, Mind Map, need assessment


Keywords


BIOMAP; Buku saku; Mind Map; need assessment

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Abdillah. (2018). Pembelajaran Terpadu Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model. In Journal of Visual Languages & Computing (Vol. 11). https://doi.org/10.15713/ins.mmj.3

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Buzan, T. (2006). Buzan Study Skills Handbook: The Shortcut to Success in Your Studies with Mind Mapping, Speed Reading and Winning Memory Techniques (Mind Set). Mind Set Series, (Mind Map), 191 p. Retrieved from http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=3B07A8C9F13F71ACFADE882484DE8DBA

Dhindsa, H. S., Makarimi-Kasim, & Anderson, O. R. (2011). Constructivist-Visual Mind Map Teaching Approach and the Quality of Students’ Cognitive Structures. Journal of Science Education and Technology. https://doi.org/10.1007/s10956-010-9245-4

Djasmita, N. K. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep Berbasis Media Visual terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X (Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung). Retrieved from repository.radenintan.ac.id

Eliana, D., & Solikhah, . (2013). Pengaruh Buku Saku Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Gizi Pada Anak Kelas 5 Muhammadiyah Dadapan Desa Wonokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 6(2). https://doi.org/10.12928/kesmas.v6i2.1021

Elita, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.372

Fajriana, N., Abdullah, & Safrida. (2016). Analisis Miskonsepsi Buku Teks Pelajaran Biologi Kelas XI Semester 1 SMAN di Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik, 4(1), 60–65.

Hasan, A. M., Nusantari, E., Latjompoh, M., & Nurrijal. (2017). S t r a t e g i B e l a j a r M e n g a j a r B i o l o g i. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo Press.

Justica, A. A., Azrai, E. P., & Suryanda, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Analogi dalam Pembelajaran IPA terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Biosfer, 8(1), 51–56. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/biosferjpb.8-1.8

Komala, R., Suryanda, A., & Lismana, D. D. (2016). Pengembangan Paludarium sebagai Media Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Ekosistem di SMA. BIOSFER Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 10–14. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.2

Lukman, L., & Ishartiwi, I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Mind Map Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 109–122. https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2523

Madu, B., & Ifeoma, C. M. (2012). Effect of Mind Map as a Note-Taking Approach on Students’ Achievements’ in Economics. Journal of Emerging Trends in Economics and Management Sciences (JETEMS), 3(3), 247–251. Retrieved from http://jetems.scholarlinkresearch.org/articles/Effect Of Mind Map As A Note Taking Approach On.pdf

Mardatillah. (2018). Pengembangan Buku Saku Identifikasi Tumbuhan pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA SMA Madani Alauddin Paopao (Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar). Retrieved from repositori.uin-alauddin.ac.id

National Research Council. (1997). Science Teaching Reconsidered: a handbook. https://doi.org/10.17226/5287

Nur, F. M. (2012). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Oleh: Faizah M. Nur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67–78.

Permatasari, T. P., Hadiarti, D., & Fadhilah, R. (2017). Efektivitas Media Mind Map Berbasis Metode Latihan Berjenjang Terhadap Hasil Dan Retensi Belajar Siswa Pada Materi Konsep Mol Di Kelas X Sma Negeri 8 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5(2), 266–275. https://doi.org/10.29406/arz.v5i2.639

Pujiati, W. (2016). Penggunaan Metode Pembelajaran Peta Konsep (Mind Map) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Ngimbang Semester I Tahun Pelajaran 2016-2017. Jurnal Reforma, 4(1), 62–69. https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.14

Rahayu, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Gambar Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa-Biologi Smp.

Rahmawati, N. L., Sudarmin, & Pukan, K. K. (2013). Pengembangan Buku Saku Ipa Terpadu Bilingual Dengan Tema Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sebagai Bahan Ajar di Mts. Usej - Unnes Science Education Journal, 2(1), 157–164. https://doi.org/10.15294/usej.v2i1.1769

Ristanto, R. H. (2011). Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Multimedia Dan Lingkungan. Jurnal EducatiO, 6(1), 53–68.

Rustaman, N; Dirdjosoemarto, S; Yudianto, S.A; Achmad, Y; Subekti, R; Rochintaniawati, D; Nurjhani, M. (2005). Strategi belajar mengajar biologi. Malang: UM press.

Septiani, A., Susanti, R., & Meilinda, M. (2014). Pengaruh Strategi Mencatat Menggunakan Peta Pikiran (Mind Map) Terhadap Retensi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Sma Plus Negeri 2 Banyuasin Iii. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 7–14.

Setyono, Y. A., Sukarmin, & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisikakelas Viii Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 118–126.

Su’udiah, F., Degeng, I., & Kuswandi, D. (2012). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1744–1748. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6743

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Sulistyani, N. H. D., Jamzur, & Rahardjo, D. T. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book Dan Tanpa Pocket Book Pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 164–172.

Suparman, M. A. (2014). Desain Instruksional Modern: Pegangan Pemimpin dan Inovator Pendidikan (4th ed.). Jakarta: Erlangga.

Suryanda, A., Rusdi, & Kusumawati, D. (2017). Pengembangan Praktikum Virtual Urinalisis sebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa SMA Kelas XI. Biosfer : Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.1

Wibowo, S., & Suryani, D. (2013). Pengaruh Promosi Kesehatan Metode Audio Visual Dan Metode Buku Saku Terhadap Peningkatan Pengetahuan Penggunaan Monosodium Glutamat (Msg) Pada Ibu Rumah Tangga. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 7(2), 67–74. https://doi.org/10.12928/kesmas.v7i2.1040

Widayat, T. B. K. (2009). Pengaruh penggunaan media model dengan media gambar terhadap prestasi belajar biologi ditinjau dari motivasi belajar. Universitas Sebelas Maret.

Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran Ips. Satya Widya, 33(1), 29. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36

Windayani, Kasrina, & Ansori, I. (2018). Pengembangan Buku Saku Berdasarkan Hasil Eksplorasi Tanaman Obat Suku Rejang Keamatan Merigi. 2(1), 51–57. Retrieved from repositori.uin-alauddin.ac.id

Yeong, F. M. (2013). Incorporating Mind-maps in Cell Biology Lectures – A Reflection on the Advantages and Potential Drawback. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 485–491. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.364

Yuliani, F., & Herlina, L. (2015). Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global Untuk SMP. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 104–110.

Zein, A. (2015). Penggunaan Mind Map dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Umum di FMIPA Universitas Negeri Padang. Prosiding Semirata 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat, 482–491.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

S3    


PUBLISHED BY:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
IN COOPERATION WITH
Perkumpulan Pendidikan IPA Indonesia (PPII)

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats