PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE SCAFFOLDING

Lus Viana Dewi, Mochammad Ahied, Irsad Rosidi, Fatimatul Munawaroh

Abstract


The aims of this research were to know the effect activity learning to student learning outcomes used model Discovery Learning with Scaffolding method and outcomes at the material of light. This is research an experimental study with the research design Pre-Experimental. The population this research is student VIII class in State Junior High School 1 Kamal. The sampling technique was purposive sampling. Sampling used VIII-I as many 36 students as experimental class. Technique of analyzing data use simple regression with program SPSS version 18.00. Based on the result of this research, it can be concluded that: there was an effect activity learning to student learning at sig was 0,030, because sig < 0.05 so H0 rejected with regression equation Y’ = 26,882+ 0,660X.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Scaffolding pada materi cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kamal. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dengan aplikasi SPSS versi 18. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-I sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa dengan sig sebesar 0,030, karena sig < 0,05 maka H0 ditolak dengan persamaan regresi Y’ = 26,882+ 0,660X.


Keywords


Activity learning, discovery learning, learning outcomes, scaffolding

Full Text:

PDF

References


Adinugraha, F. (2011). Penerapan Problem Solving dengan Game Pohon Pengetahuan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di Kelas VII C SMP 1 Purworejo. Skripsi. Jurusan Bologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Semarang, 24.

Carin, A. A. (1993). Teaching Modern science. New York: Macmillan Publishing Company.

Ekapti, R.F. (2016). Respon Siswa dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains, 110.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hikmah, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 05 Samarinda ULU. Jurnal Pendas Mahakam, 82.

In’am, A. dan Hajar, S. (2017). Learning Geometry Through Discovery Learning Using A Scientific Approach. International Journal of Instruction, 59.

Indrawati, R.M. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Bermain Peran. Journal of Elementary Education, 15-22.

Jamaris, M. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniasih, A.W. (2012). Scaffolding sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Kreano, 118.

Lestari, N.I. (2015). Implentasi Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Lingkaran. Jurnal APOTEMA, 62.

Mahsusiyah, E. (2014). Model Pendekatan Scaffolding untuk Peningkatan Kemampuan Sholat Siswa Tuna Grahita Sedang Di SDLB Dharmawanita Ujung Pangkah-Gresik. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 43.

Martha, I.R dan Setianingsih, R.. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Ditinjau dari Tipe Kecerdasan Musikal, Interpersonal, dan Logik Matematik Pada Materi Persegi dan Persegi Panjang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 100.

Masita, M, Musdi, E dan Subhan, M. (2012). Peningkatan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 23.

Mulyasa, E. Iskandar, D dan Aryani,W.D. (2016). Revolusi dan Inovasi Pembelajaram. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offset.

Putrayasa, M.I, H, Syaruddin, H dan Mangunasyasa, G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Putri, I.S, Juliani, R dan Lestari, I.N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 91-94.

Rahmat, B. Armiati dan Nilawasti. (2012). Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran STAD. Jurnal Pendidikan Matematika, 37.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sarianti, Aminuyati. dan Syahruddin, H.. (2015). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negei 1 Pontianak. Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan Pontiana, 2.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V.W. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumantri, M.S. (2015). Startegi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Susilowati. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Wedarijaksa Tahun Pelajaran 2015/2016. Seminar Nasional IPA VII tahun 2016. Pendidik IPA Inovatif yang Berdaya Saing dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), 736.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Ulumi, D. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 68.

Widjajanti, K. (2015). Scaffolding dan Dampaknya: Studi Kasus Pada Pebelajaran Materi Kubus. Prosiding Sentia, 1-2.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

S3    


PUBLISHED BY:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
IN COOPERATION WITH
Perkumpulan Pendidikan IPA Indonesia (PPII)

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats