Hubungan Pemahaman Halal Terhadap Keputusan Pembelian Makanan di Kota Pontianak (Studi Kasus pada Restoran dan Kafe di Kota Pontianak)

Sri Indrawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan variabel pemahaman halal terhadap keputusan pembelian di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer yang bersumber dari 100 responden yang merupakan masyarakat muslim Kota Pontianak. Dengan metode analisis korelasi rank spearman menggunakan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian adalah variabel pemahaman halal secara bersama-sama memiliki hubungan korelasi kuat yaitu sebesar 0,657 terhadap keputusan pembelian, hal ini juga menunjukkan bahwa semakin tinggi pemahaman seseorang terhadap halal, maka semakin tinggi pula keyakinan seseorang dalam bersikap untuk  memutuskan suatu keputusan pembelian. Dengan adanya pemahaman responden berhati-hati untuk memilih dan mengambil sebuah keputusan untuk melakukan suatu pembelian di kota Pontianak.


References


DAFTAR PUSTAKA

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ali, Y. 2012. Halal Branding: A Study of Moslem Consumers Perspective. On Proceedings of The 2nd Global Islamic Marketing Conference. Abu Dhabi. Pp 1-6.

Alquran dan terjemahan.

Al-imam A.F.I.I.K. 2002. Terjemahan tafsir ibnu katsir jus 2. Bandung : Sinar Baru al-gensondo.

An-nawawi,I. 2004. Terjemahan hadist arbain an-nawawiyah. Jakarta: sholahuddin pres.

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50: 179-211.

Ajzen, I. (1985). From intentions to actions: A theory of planned behavior. In: J. Kuhl, & J. Beckman (Eds.), Action control: From cognition to behavior (pp. 11-39). Heidelberg: Springer.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (2005). Pengaruh sikap terhadap perilaku. Dalam D. Albarracín, B. T. Johnson, & M. P. Zanna (Eds.), Buku Pegangan Sikap (hlm. 173-221). Mahwah, NJ: Erlbaum.

Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Badan pusat statistic yang diakses melalui www.bps.go.id

Bulan, T.P.L. 2016. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Fakultas Ekonomi, Universitas Samudra. Jurnal Manajemen Dan Keuangan: Vol.5, No.1, Mei.

Essoo, N, & Dibb. 2004. Religious Influences on Shopping Behaviour: An Exploratory Study. On Journal of Marketing Management. Vol. 20. PP: 683-712.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Danang, S. 2011. Metode Penelitian untuk Ekonomi. Yogyakarta : CAPS.

………… . 2015. Manajemen Bisnis Ritel. Jakarta : CAPS.

Daryanto, Kamus Bahasa Indonesia, Surabaya: Apollo Lestari, 1997.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. 2009. Marketing, Yogyakarta: Media pressindo.

Hasan, H. 2016. A studyon awareness and perception towards halal foods amaong muslim students in kotakinabalu, sabah. Proceedings of the Australia-middle eas conference on business and sosial sciences 2016, dubai ( in partnership with the journal of development areas, Tennessee state university USA) (pp.803-811). Dubai.

Huda. N. & Muchlisin. 2014. Pengaruh Label Halal Pada Makanan Terhadap Konsumsi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta. Suhuf, Vol. 26, No. 1, Mei 57-66.

Http://kbbi.web.id.

Karim, Adiwarman 2003, EkonomiMikro Islam, edisikedua, IIIT Indonesia, Jakarta.

LPPOM-MUI.. 2016. sertifikasi barang halal gunaan sebagai amanat undang-undang. Jurnal halal, 199, 52-53.

Napitasari, A. 2018. Analisis Minat Beli Konsumen Pada Restoran Bersertifikat Halal Mui Di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2018 (Studi Kasus: Konsumen Waroeng Steak And Shake, Gudeg Yu Djum, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 7, Nomor 5.

Nasrullah, M. 2015. Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk Jurnal Hukum Islam (JHI), Volume 13, Nomor 2, Desember, (79-87).

Nazir, Moh. (2015). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pramintasari, T. R. & Indah Fatmawati. 2017. Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal Vol 8, No 1 Maret .

Prasetyo, B.& Lina Miftahul Jannah. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Rajawali Pers, Jakarta,

Qaradhawi, Y. 2007. Halal dan Haram dalam Islam, Era Intermedia, Surakarta.

Rambe Y.M. dan Syaad Afifuddin. 2012. Pengaruh Pencantuman Label Halal Pada Kemasan Mie Instan Terhadap Minat Pembelian Masyarakat Muslim (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Al-Washliyah, Medan), Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1, No. 1, Desember.

Rianto Al Arif, M..N, & Euis Amalia. 2010. Teori Mikro Ekonomi Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Jakarta. Kencana.

Saling, B.M, & Baharuddin Semmaila, Achmad Gani. 2016. Effect of Service Quality and Marketing Stimuli on Customer Satisfaction: The Mediating Role of Purchasing Decisions. Journal of Business and Management Sciences: 4(4):76-81. doi: 10.12691/jbms-4-4-1.

Saifuddin, A. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Setiadi, N.J. 2010. Perilaku konsumen, Jakarta : kencana.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

…………. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

…………. 2010. Metode Penelitian Kulitatif. Bandung: Alfabeta.

…………. 2010. Memahami Metode Pendidikan (Pendekatan, Kualitatif dan R&D): Bandung.Alfabeta.

………… 2011. Memahami Metode Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

………… 2012. Motode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.

Sugiarto. 2004. Teknik Sampling, Jakarta : gramedia pustaka utama.

Suharyadi, & Purwanto. 2003. statistika untuk Ekonomi & Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Sujana, E. A. H. 2013. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Studi Kasus Pada Produk Wall’s Conello, Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor, Indonesia. Jurnal Label of Halal and Purchasing Decision.

Sukirno, S. 2015. Mikro Ekonomi Teori Pengantar Ed.3. Jakarta. Kencana.

Sumarwan, U. 2002. Perilaku Konsumen, Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sumarwan, U . Model Keputusan Konsumen. Edisi modul 1. EKMA531.

Walter Nicholson (1995), Microeconomic Theory: Basic Principles and Extensions 6th ed, New York, The Dryden Press,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.