THE IMPACT OF PROMOTION AND EDUCATION COSTS AND TRAINING COSTS ON THE PROFITABILITY OF SHARIA BANKS

Muhammad Abril

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan profitabilitas pada perbankan syariah di Indonesia dan pengaruh biaya promosi dan biaya pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap profitabilitas bank syariah, observasi dilakukan pada 14 Bank Umum Syariah (BUS) yang ada di Indonesia yang tergabung menjadi satu dan telah terdaftar di Statistik Perbankan Syariah (SPS) dengan periode pengamatan dalam kurun waktu 4 tahun (2015- 2018) atau 48 bulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalan uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan profitabilitas bank syariah pada periode penelitian berdasarkan rasio net profit margin cukup baik dan berdasarkan return on asset kurang baik. Berdasarkan hasil uji parsial, biaya promosi memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap profitabilitas bank syariah dan biaya diklat memiliki pengaruh yang negatif signifikan terhadap profitabilitas bank syariah  Kata kunci : Biaya Promosi, Biaya Pendidikan dan Pelatihan, Profitabilitas. 

 


References


DAFTAR PUSTAKA

Adyani, L. R. (2011). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Alamsyah. (2012). Manajemen Pelayanan. Nuha Medika. Yogyakarta

Al - Qur'an Surah Al - Isra' Ayat 70

Al - Qur'an Surah Al - Jumu'ah Ayat 2

Al - Qur'an Surah An - Nahl Ayat 105

Al - Qur'an Surah An - Nisa' Ayat 29

Al - Qur'an Surah Ar - Ra'd Ayat 11

Al - Qur'an Surah At - Taubah Ayat 119

Amalia, A, H. (2017). Pengaruh Harga dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Emas. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Arif, M. N. (2010). Efektifitas Biaya Promosi dan Biaya Diklat Terhadap Penghimpunan Dana Pihak Ketiga di Bank Syariah. Ekonomi dan Bisnis.

Baihaki. (2019, February 22). Mengejar Target DPK, Biaya Promosi Bank Meningkat Tajam. Didapat dari https://keuangan.kontan.co.id/news/mengejar-target-dpk-biaya-promosi-bank-meningkat-tajam-1

Bank Indonesia. (2010). Laporan Perkembangan Perbankan Syariah. Jakarta.

Dendawijaya, L. (2009). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Fajriah, L. R. (2017, November 8). BI: Baru 10% Masyarakat RI Melek Keuangan Syariah. Retrieved Agustus 16, 2018, from Ekbis.sindonews.com: https://ekbis.sindones.com/newsread/1255489/178/bi-baru-10-masyarakat-ri-melek-keuangan-syariah-1510110982

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program IBM SPSS . Semarang: Universitas Diponegoro.

Ginting, W. D. (2011). Pengaruh Beban Promosi Terhadap Peningkatan Profitabilitas pada Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Pusat.

Gitman, L. J. (2008). Principles of Managerial Finance, Twelfth Edition. Boston: Internaional Edition Financial Series.

Hadits Riwayat Ibnu Umar

Hasan, B. (2003). Manajemen Industri. Bandung: Ramadhan Citra Grafika.

Hasibuan, M. S. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Heidjrachman & Suad. (1997). Manajeman Personalia. Yogyakarta

Hendriyadi, & Suryani. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajmen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenademedia Group.

Herman, S. (2013). manajemen Sumber daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ibrahim, Zaini. (2013). Strategi Mendorong Pertumbuhan Bank Syariah di Indonesia. Didapat dari https://media.neliti.com/media/publications/255724-strategi-mendorong-pertumbuhan-bank-syar-a9da0c3d.pdf

Jannah, N. (2013). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Omset Penjualan Pada PT. Riau Pos Intermedia Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Islam..

Kasmir. (2008). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta:Rajawali Pers

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Rajagrafindo Perrsada.

Kuncoro, M. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi ke 4. Jakarta: Erlangga

Kurniawan, A. T., & Suwarti, T. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas dan Produktifitas Terhadap Peringkat Obligasi.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktek). Depok: Salemba Empat.

Manullang. (2008). Dasar - dasar Manajemen. Yogyakarta: Ghalia Indonesia

Mardiana, C, F. (2017, July 28). Perbankan Syariah RI Lambat Berkembang, Ini Penyebabnya. Didapat dari DetikFinansial: https://finance.detik.com/moneter/d-3578220/perbankan-syariah-ri-lambat-berkembang-ini-penyebabnya.

Martono. (2011). Manajemen Keuangan. Jakarta: Grafindo Persada

Maulidia, Ira SR. (2019). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Tenaga Kerja Terhadap Profitabilitas di Pt. Bank Syariah Mandiri.Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 3 No. 1

Muchlis, C, A. (2016). Ini Peluang dan Tantangan Perbankan Syariah Menurut Analisis BEI. Didapat dari https://keuangan.kontan.co.id/news/ini-peluang-dan-tantangan-perbankan-syariah-menurut-analisis-bei

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya. Yogyakarta.

Munawir, S. (2004). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat. Yogyakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.

Nisfiannoor, M. (2009). Pendekatan Statistik Modern untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Nofian, W. P. (2016). Analisis Profitabilitas Perbankan Syariah di Indonesia.

Nur'aeni, E. (2013). Pengaruh Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat masyarakat Memilih Bank Syariah.

Otoritas Jasa Keuangan. (2018). Statistik Perbankan Syariah (Data Sepanjang Periode Penelitian 2015 - 2018). www.ojk.go.id

Perwira, Y. (2017). Analisis Pengaruh Biaya Promosi, Biaya Pendidikan , Suku Bunga Dasar Kredit dan Fee Based Income Terhadap Return On Asset dengan Loan To Deposit Ratio Sebagai variabel Intervening.

Rahmanita, M. (2017). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih dengan Volume Penjualan Sebagai Variabael Intervening.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, B. (2008). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta.

Rustami, et al. (2014). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan Terhadap Laba pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. Jurnal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Volume 2

Saladin, D. (2003). Manajemen Pemasaran. Bandung.

Setiawan, S, R, D. (2017, April 27). BI: 2016, Tahun Penuh Tantangan Bagi Perekonomian Indonesia. Didapat dari https://money.kompas.com/read/2017/04/27/115243526/bi.2016.tahun.penuh.tantangan.bagi.perekonomian.indonesia

Selanti, F. (2019, Mei, 30). Meningkatkan "Market Shere" Perbankan Syariah. Didapat dari https://www.kompasiana.com/selantifalah/5ceff6423ba7f775b121d596/meningkakan-market-share-perbankan-syariah?page=all

Setyaningrum, R. (2015). Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil terhadap Profitabilitas . Jurnal Universitas Diponegoro

Sudana, i. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta : Erlangga.

Syamsuddin, L. (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Todaro, M. P. (1995). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ke Tiga, Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Trisunu, A. Y. (2008). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Laba Perusahaan Melalui volume Penjualan.

Winarno, W. W. (2009). Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Yulitasari, D. (2014). Pengaruh Biaya promosi Terhadap Volume Penjualan pada Yamaha Sudirman Motor Temanggung.

Yusuf, D. K. (2015). Pengaruh Promosi Produk-Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Calon Nasabah Untuk Berinvestasi di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Jatibagor Sumedang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.