The Effect of Religiosity on Purchasing Decisions of Halal Products by Muslim Consumers in Pontianak City

SAMSUL MUHAMMAD

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Religiusitas yang dilihat dari lima dimensi yaitu keyakinan (Indiologis), Agama (Ritualistik), Pengalaman (Intelektual) dan Penghayatan (Konsekuensial) terhadap keputusan pembelian produk halal oleh konsumen Muslim di Kota Pontianak.Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan cara menggambarkan permasalahan dengan di dasari oleh data – data yang ada untuk analisis lebih lanjut dan kemudian di tarik kesimpulan, sedangkan model pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Hasil penelitian ini jika dilihat dari lima dimensi religiusitas pada dimensi pertama yaitu keyakinan, konsumen Muslim Kota Pontianak sangat percaya danmentaati Agamanya, sedangkan dimensi kedua yaitu Ritualistik, konsumen Muslim Kota Pontianak memahami Agamanya dan menjalankan perintah Agamnya dengan baik dalam keputusan membeli produk-produk yang halal, dilihat dari dimensi Pengahayatan, konsumen Muslim Kota Pontianak mampu memahami dan menghayati Agamanya dengan baik, pada dimensi pengetahuan, konsumen Muslim sangat setuju jika pengetahuan mereka menjadi faktor keputusan pembelian, sedangkan pada dimensi pengalaman responden menjawab sangat setuju bahwa sebuah pengalaman menjadi salah satu keputusan pembelian produk halal.

Kata Kunci : Religiuitas, Perilaku Kosumen, Keputusan Pembelian


References


Problem-Problem Psikologi.

Anwar, H. (2009). Penilaian Sikap llmiah dalam Pembelajaran Sains . Jurnal Pelangi Ilmu, Vol.2 no.5.

Bawono,Anton (2011).Kontribusi Religiusitas dalam Perilaku Pengambilan Keputusan Konsumsi. Dimuat dalam jurnal Muqtasid Vol. 2 No. 1, Juni 2011

Dwiwiyati, Astogini,Wulandari.dan Siti Zulaikha Wulandari (2011). Aspek Religiusitas Dalam Keputusan Pembelian Produk Halal (studi tentang lebelisasi halal pada produk makanan dan minuman kemsaan). Dimuat dalm Jurnal JEBA, Vol 13, No1, Maret 2011)

Glock, C.Y. dan Stark, R. 1966. Christian Beliefs and Anti-semitism. Dalam Ancok, Djamaludin dan Fuad Nashori Suroso.

https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/jumlah-penduduk-kota-pontianak-semester-ii-tahun-2018-capai-665694-jiwa.

https://disdukcapil.pontianakkota.go.id/download/statistik-penduduk-tahun-2016

Imanudin,M (2017). Pengaruh Lebel Hala dan Religiusitas Terhadap keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa IAIN Bukittinggi T.A 2016/2017. Dimuat Dalam Journal Of Economic Studies Vol. 1, No.1, Januari-Juli 2017

Jusmaliani dan Hanny Nasution (2009). ‚Religiosity Aspect in

Consumer Behaviour: Determinants of Halal Meat Consumption. Asean Marketing Journal. June 2009, Vol I-No.1

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler and Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Muflih, Muhammad. 2006. PerilakuKonsumen dalam Perspektif IlmuEkonomi Islam.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Nasrullah,Muhammad (2015). Islamic Branding, Religiusitas dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Dimuat dalam Jurnal hukum Islam (JHI), Vol 13,No2, Desember 2015

Nashori, H. F. 2002. Agenda Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Putriani Hani, Yolanda (2015). Pola Perilaku Konsumsi Islami Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Ditinjau dari Tinggat Religiusitas. Dimuat dalam Jurnal JESTT Vol.2 No.7 Juli 2015

Soesilowati, Endang S. 2009. PeluangUsaha Produk Halal di Psar Global:Perilaku Konsumen Muslim dalamKonsumsi Makanan Halal. Jakarta:Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana Prenada Group.

Sugiyono. (2010). Memahami Metode pendidikan (Pendekatan Kualaitatif dan R&D). bandung: Alfabeta.

Sadzalia,Shovi. (2013). Pengaruh Lebel Halal dan Religiusitas Terhadap keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Kota Malang

Ujang Suwarman,(2002). Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran).Bogor: Ghalia Indonesia

Yasid, Fikri Farhan, Yuli Andriansyah. 2016. Factors Affecting Muslim Students

Awareness of Halal Products in Yogyakarta, Indonesia. Yogyakarta

Yunus, Anas bin Mohd, dkk. 2010. TheConcept of Halalan Tayyiba and ItsApplication in Products Marketing : aCase Study at Sabasun HyperRuncitKuala Terengganu, Malaysia.International Journal of Business andSocial Science Vol. 1 No. 3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.