Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Halal di Kalimantan Barat (Studi Kasus Produk Makanan Ringan)

Riza Anugrah B1061151020

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk makanan impor halal di Kalimantan Barat (studi kasus produk makanan ringan). Dengan variabel independen (X) yaitu: harga (X1), selera (X2), dan pendapatan (X3) adapun yang menjadi variabel dependen (Y) adalah keputusan pembelian produk makanan impor halal. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menggunakan data primer (kuesioner) dan sekunder. Kuesioner diukur menggunakan skala likert dengan intrepretasi skor 1 (sangat tidak setuju), skor 2 (tidak setuju), skor 3 (kurang setuju), skor 4 (setuju) dan skor 5 (sangat setuju).

 

Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menggambarkan dari permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan tujuan penelitian, mengumpulkan data-data serta menjelaskan data yang diperoleh sehingga dapat menjawab permasalahan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden muslim yang sedang berbelanja produk makanan impor halal pada gerai ritel modern di Carrefour, Matahari Mall dan Hypermart, Ayani Mega Mall Pontianak.

 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi akan harga produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan impor halal di Kalimantan Barat sebesar 60,00 % berdasarkan hasil yang didapatkan dari pernyataan responden dengan indikator pernyataan sangat setuju pada pernyataan “saya selalu memperhatikan harga dalam membeli produk makanan impor halal”, persepsi akan selera berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan impor halal di Kalimantan Barat sebesar 59,50 % berdasarkan hasil yang didapatkan dari pernyataan responden dengan indikator pernyataan sangat setuju pada pernyataan “saya lebih menyukai produk makanan impor halal dibandingkan dengan produk lokal halal”, dan persepsi akan pendapatan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan impor halal di Kalimantan Barat sebesar 58,67 % berdasarkan hasil yang didapatkan dari pernyataan responden dengan indikator pernyataan sangat setuju pada pernyataan “saya berbelanja produk makanan impor halal sesuai dengan budget yang tersedia”.

 

Kata Kunci: Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Halal, Harga, Selera, Pendapatan.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Al-Imam Abul Fida Ismail Ibnu Katsir ad-Dimasyqi. 2002. Terjemah Tafsir Ibnu Katsir. Bandung: Sinar Baru al-Gensindo.

Al-Qasim, Abu Ubaid. 2009. Kitab Al-Amwal (Ensiklopedia Keuangan Publik) Panduan Lengkap Mengelola Keuangan Zakat, Pajak dll (terjemahan). Jakarta: Gema Insani.

Baihaqi, A.K. 2001. Mendidik Anak dalam Kandungan Menurut Pedagogis Islam. Jakarta: Darul Ulum Press.

Dharmmesta, B. Swastha., & Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Pemasaran “Analisa Perilaku Konsumen” Edisi 1 Cetakan 3. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Pustaka Al-Hanan.

Fayyadh, Atiyah As-Sayyid. 1997. Al-Suq fi Nidzam Al-Iqtishad Al-Islami. Kairo: Hussein Syahata Office.

Fitria, Nadia Dwi. (2016). Pengaruh Label Halal dan Aspek Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Olahan Impor. Skripsi Departemen Ilmu Ekonomi Institut Pertanian Bogor.

Hendri, Sukotjo., & Sumanto, Radix A. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Product, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidenve) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol. 1. No. 2.

Husein, Umar. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Iqtishodia. (2010). Abu Ubaid dan Perdagangan Internasional. Jurnal Ekonomi Islam Republika Edisi 30 September 2010.

Jurnal. 4 Alasan Produk Luar Lebih Disukai Konsumen Indonesia. Diakses dari https://www.jurnal.id/id/blog/2017-4-alasan-kenapa-produk-luar-lebih-disukai-konsumen-indonesia/

Karim, Adiwarman. 2003. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: The International Institute of Islamic Thought Indonesia.

Kotler, Philip. 1993. Manajemen Pemasaran, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT. Rosdakarya.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium Jilid II. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip., & Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Ketigabelas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., & Keller. 2009. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.

Kriyantono, Rahmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Monroe. 2005. Marketing Antecedent of Industrial Brand Equity: An Empirical Investigation in Specialty Chemical. Industrial Marketing Management.

Mudrajad, Kuncoro. 2011. Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi Keempat. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Muhammad, Asy’arie. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Promosi dan Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Mie Samyang di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Mujaddidyn, M. A. (2015). Sertifikasi Halal terhadap Produk Impor dalam Perspektif Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Skripsi Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Nasution, Edwin Mustafa. 2006. Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam Cet.1. Jakarta: Prenada Media Group.

Niswah, Farokhah. (2015). Pengaruh Pencantuman Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik oleh Mahasiswi Universitas Airlangga. Jurnal Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Nu’man, Ahmad Fikri. 1995. Al-Nadzoriyah Al-Iqtishadiyah fi Al-Islam. Beirut: Maktabah Al-Islamiyah.

Qardhawi, Yusuf. 1997. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani.

Qardhawi, Yusuf. 2004. Peranan Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam. Jakarta: Robbani Press.

Raco, J.R. Dr.M.E.,M.Sc. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristisk, dan Keunggulannya. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rachmat, Syafei. 2000. Fiqh Muamalah. Bandung: Pustaka Setia.

Republik Indonesia. 1999. Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan.

Sari, D. K., & Sudardjat, I. (2013). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor dalam Kemasan pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol.1, No.4.

Setiadi, J. Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Shaleh, Qamaruddin. 2004. Ayat-Ayat Larangan dan Perintah dalam Al-Qur’an Pedoman Menuju Akhlak Muslim. Bandung: CV. Penerbit Diponegoro.

Sitio, Arifin., & Tamba, Halomoan. 2001. Koperasi: Teori dan Praketk. Jakarta: Erlangga.

Stanton, William J. 1999. Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Liberty.

Suantara, I G. P. Endra., Artana, Made., & Suwena, Kadek Rai. (2014). Pengaruh Selera dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Sepeda Motor Honda di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Vol.4, No.1.

Sudjana. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, Sadono. 1999. Makro Ekonomi Modern. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Suparmoko, M. 2002. Ekonomi Publik untuk Keuangan dan Pembangunan Daerah. Yogyakarta: Andi.

Suprayitno, Eko. 2005. Ekonomi Islam Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syahputra, Ady (2013). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Masyarakat Kecamatan Perbaungan dalam Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol.2 No.8.

Yusuf, Abu. 1979. Kitab Al-Kharaj. Beirut: Dar al-Ma’rifah.

Zahro’i, N. (2018). Pengaruh Pendapatan, Brank Produk, dan Religiusitas terhadap Perilaku Konsumen dalam Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Halal di Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri.

Zeithmail, V.A., Bitner, M.J., & Gremler, D.D. 2006. Integrating Customer Focus Across The Firm Edisi 4. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.