Manajemen Satuan Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Berhasil atau eksisnya suatu organisasi dapat dikaji, ditelaah, diteliti dan diuji dengan melihat penataan administrasi, pelaksanaan fungsi manajemen, kepemimipinan dan pimpinan. Pemberdayaan sumber daya manusia merupakan kunci utama dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas pendidikan anak usia dini. Anak hidup disiplin, bersih dan tertib jika dibina oleh pendidik yang memiliki pola hidup teratur. Oleh karena itu, dibutuhkan kelembagaan, metode, model pembelajaran, kurikulum, keterampilan, dan pelatihan yang memadai, dan sinergis. Semua aspek dapat dikelola melalui fungsi manajemen yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), pengendalian (controlling) yang disingkat menjadi POAC.
Kata Kunci: Manajemen dan Pendidikan.Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/j-psh.v8i1.22052
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora published by
Sociology Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Tanjungpura University
Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.