DAMPAK PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) TERHADAP PARTISIPASI PENDIDIKAN

Sulaiman Sulaiman, Era Prestoroika, Mujib Mujib

Abstract


Penelitian ini mengambil judul; Dampak pelaksanaan program BOS terhadap partisipasi pendidikan di SMP Negeri 15 Kota Malang Berdasarkan Peraturan Walikota Malang Nomor 46 Tahun 2010 Tentang Penetapan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) dan Sumbangan Biaya Pengembangan Pendidikan (SBPP) pada SD, SMP, SMA dan SMK Negeri. Tujuan penelitian ini adalah; 1). Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang dampak pelaksanaan program BOS terhadap partisipasi pendidikan di SMP Negeri 15 Kota Malang. 2). Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang faktor yang mendorong serta menghambat dampak pelaksanaan program BOS terhadap partisipasi pendidikan di SMP Negeri 15 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, indikator yang diteliti adalah masukan (input) program BOS, proses pendistribusian (process) BOS, hasil (outcome) program BOS, Angka Partisipasi Sekolah (APS) dan Angka Siswa Mengulang (AU). Data primer dikumpulkan dengan kuesioner, jumlah sampel penelitian sebanyak 35 orang. Analisis data dilakukan dengan analisis Tabulasi yaitu; memberi skoring terhadap item-item yang perlu diberi skor, setelah data terkumpul dilakukan pengolahan data, menghitung jumlah skor jawaban dan memprosentasekan setiap pertanyaan, menghitung rata-rata per-item, menghitung prosentase total dari semua jawaban kuesioner, narasi kesimpulan dengan kriteria kesimpulan, dan melakukan analisa serta interpretasi data sesuai perhitungan dari data kualitatif sehingga didapatkan gambaran hasil penelitian. Penelitian ini mendapatkan hasil; bahwa pelaksanaan program BOS di SMP Negeri 15 Kota Malang adalah baik (sesuai dengan harapan) yang berdampak pada Angka Partisipasi Sekolah (APS) dan Angka Siswa Mengulang (AU) hal ini ditunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang masuk dan adanya penurunan jumlah siswa yang mengulang yang disebabkan kurangnya biaya untuk sekolah.

Kata kunci: Evaluasi Kebijakan, Program BOS, Partisipasi Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. (2010). Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dunn, N. William. (2013). Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Edisi Kedua. Jogjakarta: Gajah Mada University Press.

Majalah Diknas Provinsi Jawa Timur. (2007). Pelaksanaan BOS di Jawa Timur.

Miles, B. Matthew dan A. Michael Hubermen. (2012). Analisis Data Kualitatif (Qualitative Data Anallysis–Sage Publications, Inc). Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Menteri Pendidikan Nasional. (2010). Panduan BOS. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Peraturan Walikota Malang No. 46 Tahun 2010 Tentang Penetapan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) dan Sumbangan Biaya Pengembangan Pendidikan (SBPP) Pada SD, SMP, SMA dan SMK Negeri.

Sadhana, Kridawati. (2011). Realitas Kebijakan Publik. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Surjadi, Ace. (2016). Kebijakan Pemerintah di bidang Bantuan BOS Pendidikan Dasar Makalah. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pustaka Pelajar. Jakarta.

Wawasan, Tanggal 20 Juni 2010 Menanggapi Pelaksanaan BOS di Kota Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppkn.v1i1.40613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Our Journal has been Indexed by:

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.