PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 MENTEBAH

Suhaida Dada, Erna Octavia, Lady Diana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah “bagaimana pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa PPKn”, tujuan penelitian ini khusunya ingin memperoleh informasi pada motivasi belajar siswa PPKn dengan memanfaatkan perpustakaan. Metode penelitian kualtitatif dengan bentuk diskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi, untuk teknik analisis data yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa, motivasi belajar siswa dengan memanfaatkan perpustakaan cukup baik, hal tersebut tergambar dalam aktivitas siswa yang berkunjung ke perpustakaan selalu menggunakan buku dari perpustakaan dalam membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah, dan aktivitas siswa meminjam buku di perpustakaan cukup sering.

Kata kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Bafadal, I. (2011). Pengelola Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Darmadi, H. (2011). Pengantar Pendidikan Kewarganearaan. Bandung: Alfabeta.

Hamdani.(2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Pustaka Pelajar

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan (sebuah orientasi baru). Cipayung: Gaung Persada

Komalasari, K. (2010).Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Mohamad, L. A. P. (2017) Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di Perpustakaan Kota Magelang. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php Vol VI, Nomor 4, Tahun 2017. [ diacces 4 Maret 2020].

Mubarok, A. (2014). Pemanfaatan Perpustakaan sekolah Sebagai Sumber Belajar Sejarah di MAN Nu Safinatul Huda Karimun Jawa Kabupaten Jepara. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 13 (6): C 101-140.

Nurul, M, Teguh, P & Marni. (2018). Kontribusi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. http://journak2.um.ac.id/index.php/jpg/ ISSN: 0853-9251 (p) and 2527-628X (e). [diacces 4 Maret 2020].

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Pers.

Purwanto.(2008). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Risky, Febriani. (2014) Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view Vol 3, No 2 (2014) [diakses 4 Maret 2020].

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Siagan. (2006). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sutopo.(2007). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tentang Perpustakaan 2007.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 35.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppkn.v1i1.40596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Our Journal has been Indexed by:

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.