Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter

Nurhayati ., Dwi Fajar Saputri, Fety Novianty, Wahyudi .

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan sharing pengalaman kepada guru dalam mendesain pembelajaran IPA menggunakan model-model pembelajaran berbasis pendekatan saintifik bermuatan karakter dan merancang media pembelajaran IPA yang inovatif. Peserta pengabdian yaitu guru IPA SMP/MTs yang tergabung dalam MGMP IPA Kota Singkawang. Kegiatan dikemas dalam seminar dengan bentuk ceramah, diskusi dan demonstrasi. Pada awal dan akhir kegiatan peserta diberikan tes yang dikerjakan secara daring. Hasil analisis tes menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest lebih tinggi dari rata-rata nilai postest. Hasil kegiatan diharapkan dapat (1) menumbuhkan persepsi positif kepada guru IPA dalam mengimplementasi model dan media pembelajaran berbasis saintifik bermuatan karakter dalam pembelajaran ; (2) Menumbuhkan motivasi, kreatifitas dan inovasi guru IPA dalam mengembangkan desain pembelajaran dan media pembelajaran yang inovatif.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Alinawati, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Kejuruan di Bandung. Jurnal Edutech, Vol.1, No.3, pp. 342-360.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jplp2km.v2i2.33120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Universitas Tanjungpura, Pontianak

Jalan Daya Nasional, Pontianak, 78124 Telp/Fax : (0561) 732406

email: lppkm@untan.ac.id

website : lppkm.untan.ac.id

MAPS :

 

Web
Analytics

View My Stats

     

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.