Pembuatan Sirup Asam Jawa (Tamarindus Indica L.) Sebagai Salah Satu Usaha Diversifikasi Pangan Untuk Minuman Kesehatan di Desa Bintang Mas Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya

M. Dirhamsyah, Nurhaida Nurhaida

Abstract


Desa Bintang Mas merupakan salah satu desa yang mempunyai potensi tumbuhan asam jawa, dimana masyarakatnya belum mengetahui pembuatan sirup asam jawa yang merupakan salah satu minuman kesehatan yang berpeluang ekonomi jika di buat dalam bentuk minuman. Permasalahan yang dihadapi mitra untuk saat ini adalah kurangnya diversifikasi produk dari buah asam jawa yang banyak terdapat di desa mereka. Selama ini buah asam jawa hanya digunakan untuk memasak dan kelebihan produksi hanya di jual dalam bentuk segar saja. Mitra belum mengetahui khasiat minuman segar asam jawa dan asam jawa bisa dibuat sirup, dan jika dijual dalam bentuk sirup selain dapat meningkatkan harga jual juga bisa meningkatkan sumber pendapatan keluarga jika bisnis sirup asam jawa ini di tekuni. Target luaran yang diharapkan di akhir program adalah masyarakat dapat membuat sirup asam jawa dengan kemasan botol yang tersterilisasi dan label yang menarik. Sirup asam jawa dapat menjadi minuman kesehatan keluarga dan jika dijual dapat meningkatkan pendapatan keluarga mitra.


Keywords


Asam Jawa; Sirup; Sterilisasi

Full Text:

PDF

References


BUKU

Morton, J.F. 1987. Fruits of warm climates: Tamarind.

Verheij, E.W.M. dan R.E. Coronel (eds). 1997. Sumber Daya Nabati Asia Tenggara: Buah-buahan yang dimakan. PROSEA – Gramedia. Jakarta.

WEBSITE

http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_Jawa. Download: Maret 2008. Asam Jawa. http://www.asiamaya.com/jamu/isi/asamkawa_tamarindusindica.htm. Download: Maret 2008. Asam Jawa (Tamarin- dus indica L.). http://www.harian-global.com/news.php?item.4853.7. Download: Maret 2008. Manfaat Asem Jawa.

http://bpkaliori.blogspot.co.id Download: Maret 2013. Teknik dan Cara Membuat sirup Asam Jawa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pengabdi



Web
Analytics View My Stats

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.