ANALISIS GEOMETRIK PADA RUAS JALAN TELUK BATANG TELUK MELANO KABUPATEN KAYONG UTARA
Abstract
Jalan Teluk Batang Teluk Melano mempunyai beberapa tikungan tajam yang seringkali menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Faktorfaktor penyebabnya yaitu jarak pandang, radius tikungan, pelebaran perkerasan tikungan, perubahan kelandaian karena faktor umur jalan, beban kendaraan dan lain sebagainya. Penulisan ini mengacu pada Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota Tahun 1997. Jenis jalan dari Teluk Batang Teluk Melano Kabupaten Kayong Utara merupakan jalan kolektor dengan spesifikasi jalan kelas III B. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif, observasi dan studi literatur. Data yang diperlukan berupa data eksisting geometrik jalan, jari-jari tikungan, superelevasi eksisting, lebar jalan , kendaraan rencana, kecepatan rencana. Hasil identifikasi tikungan 1,2,3 dan 4 yaitu spiral circle - spiral dimana tikungan 1 nilai Rc = 119 m, lebar jalan = 6 m, superelevasi = 10%, tikungan 2 nilai Rc = 119 m, lebar jalan = 6 m, superelevasi = 10%, tikungan 3 nilai Rc = 130 m, lebar jalan = 6 m, superelevasi = 9,8%, tikungan 4 nilai Rc = 119 m, lebar jalan = 6 m, superelevasi = 10%. Rekomendasi geometrik dengan kecepatan rencana 60 km/jam bertujuan untuk membuat pengendara lebih aman dan nyaman saat melewati tikungan.
Kata Kunci : kecepatan rencana ( vr ), jari-jari ( rc ), superelevasi ( e ), lebar jalan, geometrik
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jelast.v7i2.40960
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penerbit:
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
E-mail: [email protected]