ANALISA DAYA DUKUNG TIANG SPUNPILE DENGAN METODE UJI PEMBEBANAN STATIK

Rien Novia Adriani

Abstract


Suatu perencanaan pondasi dikatakan benar apabila beban yang diteruskan oleh pondasi ke tanah tidak melampaui kekuatan tanah yang bersangkutan. Dalam skripsi ini akan dibahas tentang analisa daya dukung tiang spunpile dengan metode uji pembebanan statik (loading test). Daya dukung yang akan dipelajari adalah daya dukung tekan aksial pondasi tiang pancang spunpile untuk kondisi tiang tunggal.

 

Dalam penelitian ini akan ditentukan daya dukung tekan aksial pondasi tiang pancang spunpile dengan analisis perhitungan menggunakan analisa daya dukung berdasarkan data SPT yang dihitung dengan lima metode, antara lain; Metode Meyerhof, Metode Smith & Pole, Metode Briaud et al, Metode Shioi & Fukui dan Metode Luciano Decourt . Kemudian mengetahui daya dukung tekan aksial pondasi tiang pancang spunpile dari hasil analisis daya dukung tiang uji pembebanan statik (loading test) yang interpretasinya dihitung dengan tiga metode antara lain; Metode Davisson, Metode Chin dan Metode Mazurkiewich. Dari hasil analisis kemudian akan dihitung koefisien pengalinya.

 

Penelitian ini dilakukan pada empat lokasi di proyek pembangunan PLTU 2 x 27,5 MW yaitu lokasi Boiler pada tanggal 7-9 Oktober 2011, Turbine pada tanggal 10-11 Desember 2011, Chimney pada tanggal 10-11 februari 2012 dan Switch Yard pada tanggal 28-29 mei 2012.

 

Berdasarkan hasil analisis daya dukung berdasarkan data SPT dan hasil pembebanan (loading test) didapat daya dukung ijin (Qall). Dari kedua metode tersebut didapatlah rata-rata Qall dari hasil analisa daya dukung dengan metode statik dan rata-rata Qall dari Loading Test. Dari ata-rata Qall tersebut, didapatkan koefisien pengali (KP) pada lokasi Turbine sebesar 1,47, pada lokasi Boiler sebesar 1,01, pada lokasi Chimney sebesar 0,71 dan KP lokasi Switch Yard sebesar 1,16. Sehingga didapat nilai koefisien pengali di Lokasi proyek PLTU 2 x 27,5 MW yang berlokasi di Desa Tanjung Gundul Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang, sebesar 1,09.

 

Kata kunci: daya dukung, spunpile, parameter tanah,SPT, Loading Test


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.