STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI AIR MATA PERMAI KECAMATAN MUARA PAWAN KABUPATEN KETAPANG

Nony Fahdila, Gusti Zulkifli Mulki, Riska Aprilia Ayuningtyas

Abstract


Pantai Air Mata Permai memiliki potensi alam yang indah, akan tetapi pengelolaannya belum dilaksanakan dengan maksimal sehingga menyebabkan intensitas kunjungan di pantai ini rendah. Tujuan penelitian ini yaitu merumuskan strategi pengembangan objek wisata di Pantai Air Mata Permai. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi potensi yang dapat dikembangkan serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan objek wisata Pantai Air Mata Permai adalah deskriptif kualitatif. Selanjutnya untuk analisis faktor strategi internal dan eksternal di kawasan Pantai Air Mata Permai menggunakan analisis SWOT. Metode analisis deskriptif kualitatif dan matriks SWOT tersebut selanjutnya digunakan untuk merumuskan strategi pengembangan objek wisata Pantai Air Mata Permai Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang. Hasil penelitian ini berupa strategi pengembangan objek wisata Pantai Air Mata Permai yaitu:(1) Menambah jumlah sarana pendukung wisata (tempat sampah dan gazebo).(2) Membuat oleh-oleh khas.(3) Melakukan penataan tempat parkir.(4) Melakukan perbaikan jalan masuk menuju pantai.(5) Berdiskusi dengan pemilik lahan terhadap pengembangan objek wisata Pantai Air Mata Permai.(6) Meningkatkan kinerja Pokdarwis.(7) Dijadikan sebagai paket wisata.(8) Menjadi objek wisata keluarga.(9) Menjadi tempat wisata edukasi.(10) Mempromosikan Pantai Air Mata Permai melalui berbagai media yang ada.


Kata Kunci : Objek wisata, pengembangan wisata, strategi



Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.