ANGKUTAN SEDIMEN LAYANG PADA SALURAN TERBUKA DI PARIT TOKAYA KOTA PONTIANAK
Abstract
Kondisi air di Parit Tokaya sangat perlu diperhatikan, hal ini disebabkan oleh limbah industri, limbah rumah tangga, pengaruh pasang surut, erosi dari daerah pengaliran sungai,. Tujuan penelitian, untuk menghitung angkutan sedimen layang yang terjadi di Parit Tokaya. Data primer yang digunakan adalah pasang surut, kecepatan aliran, potongan melintang saluran dan sampel air yang diambil selama 3 hari saat kondisi pasang dan surut. Data sekunder berupa peta lokasi. Perhitungan sedimen di Parit Tokaya menggunakan 3 metode, Sesaat, Einstein, dan Lane dan Kalinske. Hasil perhitungan angkutan sedimen melayang dengan menggunakan metode sesaat kondisi pasang berkisar antara 0,0093 kg/detik-0,1089 kg/det, kondisi surut berkisar antara 0,0070 kg/det-0,0256 kg/det. Hasil perhitungan angkutan sedimen melayang dengan metode Einstein kondisi pasang berkisar antara 0,0091 kg/det-0,0354 kg/det, kondisi surut berkisar antara 0,0058 kg/det-0,0117 kg/det. Hasil perhitungan angkutan sedimen melayang dengan metode Lane dan Kalinske kondisi pasang berkisar antara 0,0022 kg/det-0,1918 kg/det, kondisi surut berkisar antara 0,0008 kg/det-0,0288 kg/det. Persentase rata-rata perbandingan debit sedimen layang perhitungan dengan data lapangan untuk metode Einstein kondisi pasang sebesar 39,93% dan kondisi surut sebesar 39,72%. Persentase rata-rata perbandingan debit sedimen layang perhitungan dengan data lapangan untuk metode Lane dan Kalinske kondisi pasang sebesar 10,93% dan kondisi surut sebesar 31,88%.
Kata kunci : Parit Tokaya, sedimen layang, debit, pasang surut, metode Sesaat, Einstein, Lane dan Kalinski
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jelast.v5i3.30527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penerbit:
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
E-mail: [email protected]