EVALUASI EFEKTIVITAS JALUR PEDESTRIAN DI JALAN AHMAD YANI KOTA PONTIANAK BERDASARKAN PERSEPSI MASYARAKAT

Yuni Hijri Riani, Agustiah Wulandari, Riska A. Ayuningtyas

Abstract


Kawasan perkotaan dituntut untuk menjadi kota yang baik. Kota yang baik dapat didefinisikan sebagai kota yang memberikan kemudahan terhadap pergerakan lalu lintas, seperti jalur pedestrian atau jalur pejalan kaki. Jalur pedestrian sangat penting perannya dalam menunjang kelancaran aktivitas dan kepentingan masyarakat khususnya Kota Pontianak. Di Kota Pontianak sudah terdapat jalan yang memiliki jalur pedestrian. Salah satunya Jalan Ahmad Yani. Jalur pedestrian di Jalan Ahmad Yani berupa trotoar, zebra cross, jembatan penyebrangan dan lain sebagainya. Jalur pedestrian di Jalan Ahmad yani memiliki permasalahan seperti sedikitnya masyarakat yang berminat menggunakan jalur pedestrian, serta minimnya penyediaan prasarana dan sarana pedestrian yang memadai. Hal ini menyebabkan efektivitas jalur pedestrian berkurang. Penting penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui tingkat efektivitas jalur pedestrian berdasarkan evaluasi yang telah di lakukan.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi efektivitas jalur pedestrian di Jalan Ahmad Yani Kota Pontianak, berdasarkan tingkat pelayanan, kawasan, dan vairabel penentu efektivitas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan teknik analisis data yaitu analisis proprosi. Analisis proporsi digunakan untuk mengetahui tingkat efektivitas di jalur pedestrian Jalan Ahmad Yani berdasarkan persepsi masyarakat di kawasan Jalan Ahmad Yani.

Dari hasil penelitian terdapat enam variabel penentu efektivitas. Dari variabel dapat di ketahui bahwa jalur pejalan kaki di Jalan Ahmad Yani sudah efektif untuk dilalui oleh masyarakat. Adapun enam vairabel tersebut yaitu aksesibilitas, keselamatan, kenyamanan, keindahan, kemudahan, dan interaksi. Namun, dari variabel interaksi terdapat jalur pejalan kaki dan jembatan penyebrangan yang belum efektif bagi masyarakat untuk di lalui. Karena interaksi dari masyarakat sekitar masih mengganggu perjalanan masyarakat lain yang melewati jalur tersebut.

 

Kata Kunci: Efektifitas, jalur pedestrian, persepsi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.