TINGKAT KEINGINAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN JALUR SEPEDA DI KOTA PONTIANAK

Imai Putri Windarni, Agustiah Wulandari, Firsta Rekayasa Hernovianty

Abstract


Seiring dengan bertambahnya pengguna kendaraan bermotor maupun mobil yang menyebabkan kemacetan. Pemerintah Kota Pontianak kini telah menyediakan jalur khusus sepeda sebagai salah satu langkah mengurangi kendaraan bermotor. Tidak hanya itu, adanya jalur sepeda untuk menciptakan suasana jalan menjadi tertib, lancar dan aman. Akan tetapi adanya jalur sepeda di sepuluh jalan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satu hal yang menyebabkan dari ketidakfungsian jalur tersebut, yaitu minat masyarakat untuk menggunakan jalur sepeda itu sendiri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keinginan msyarakat berdasarkan faktor yang mempengaruhi bagi pengguna jalur sepeda. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian beserta dokumentasi. Dan membagikan kuesioner kepada masyarakat dan komunitas sepeda untuk mengetahui persepsi responden. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dan analisis data hasil kuesioner menggunakan skala diferensial dengan metode Analisis Regresi Linier Berganda.

Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melihat faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat menggunakan jalur sepeda yang meliputi faktor aksesbilitas, kelancaran, keselamatan, keamanan dan ketertiban.

 

Kata kunci : Jalur sepeda, Tingkat keinginan, Kota Pontianak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.