PERAN TRANSMIGRASI TERHADAP PENGEMBANGAN WILAYAH DI DESA RASAU JAYA I KABUPATEN KUBU RAYA

Indah Setyorini, Gusti Zulkifli Mulki, Firsta Rekayasa Hernovianty

Abstract


Dengan seiringnya waktu program transmigrasi telah memberikan dampak perubahan pada wilayah tujuan, sebagai pusat pertumbuhan baru, dan mengembangkan peran wilayah sebagai pusat produksi pertanian, perkebunan, peternakan, bahkan pemerintahan. Desa Rasau Jaya I merupakan salah satu lokasi transmigrasi. Tujuan penelitian ini yaitu “Peran transmigrasi terhadap pengembangan wilayah Desa Rasau Jaya 1†dengan sasaran (1)  Mengidentifikasi kondisi terkini transmigrasi dan kondisi penggunaan lahan di Desa Rasau Jaya I, (2) Menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam  pengembangan wilayah di Desa Rasau Jaya I, (3) Merekomendasikan solusi kedepan dalam pengembangan wilayah di Desa Rasau Jaya I.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif  dan metode analisis Isi (Content Analysis) dan analisis SWOT. Dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan 2 jenis responden yaitu penduduk transmigrasi dan non transmigrasi dengan jumlah 35 KK per enam dusun. Metode pengambilan data dilakukan dengan beberapa cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan wilayah tidak terlepas dengan adanya peran transmigrasi yang mendukung pengembangan wilayah di DesaRasau Jaya I dengan adanya transmigrasi Desa Rasau Jaya I memiliki kemajuan seperti sarana, prasarana dan pertumbuhan ekonomi terciptanya sentra produksi yang optimal serta membantu memperbaiki pengembangan wilayah yang sudah ada untuk ditingkatkan kualitas dan kuantitas nya. 

Kata kunci : Peran Transmigrasi, Rasau Jaya, Pengembangan Wilayah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.