MODEL HUBUNGAN VOLUME KECEPATAN DAN KERAPATAN PADA JALAN JENDRAL AHMAD YANI 1 PONTIANAK

Abet Nego, Rudi S. Suyono, S. Nurlaily Kadarini

Abstract


Kota Pontianak memiliki beberapa Ruas Jalan yang sering terjadi masalah lalu lintas seperti kemacetan. yang terjadi di Ruas Jalan Jendral Ahmad Yani 1 yang dimana daerah tersebut merupakan pusat dari Kegiatan Pemerintahan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan Manjemen Lalu Lintas yang terencana dan terarah dengan terlebih dahulu mengetahui karakteristik lalu lintas seperti Volume Dan Kecepatan Dengan Melakukan Studi Pada Ruas Jalan tersebut.

Studi dalam penelitian ini dilakukan di Ruas Jalan Jendral Ahmad Yani 1 selama 1 hari survey paada dua (2) segmen yang berbeda A & B yang bertujuan untuk mengetahui Jumlah Volume dan Kecepatan yang ada di Ruas Jalan tersebut, dengan menggunakan metode  Model Greenshields, Greenberg dan Underwood di dapat dengan terlebih dahulu mencari Hubungan Matematis Antara Parameter pada dua (2) segmen yang telah ditentukan.

dari hasil pemodelan di dapat untuk koefisien determinasi tertinggi pada  Segmen A adalah Model Underwood dari simpang Jalan Abdulrahman Saleh menuju ke arah MAPOLDA kal-bar dengan () = 0,893 dengan persamaan hubungan V = 79,530.   kapsitas (VM) = 1186,515 Smp/Jam. pada Segmen B untuk koefisien determinasi tertinggi adalah Model  Underwood  dari  depan Kantor Gubernur Kal-Bar  menuju ke arah Tugu di Gulis dengan () = 0,912 dengan persamaan hubunga V  = 95,323. (VM) = 1193,020 Smp/Jam berdasarkan perhitungan dari ketiga model tersebut maka untuk Model Underwood sebagi model terbaik dengan detirminasi tertinggi sebesar () = 0,893 pada Segmen A () = 0,912 pada Segmen B

 

Kata Kunci : Greenshields, Greenberg , Underwood.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.