PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN KUALITAS PERMUKIMAN KUMUH DI PARIT NENAS KELURAHAN SIANTAN HULU

Sari Aji Pratiwi, Nana Novita Pratiwi, Vetti Puryanti

Abstract


Parit Nenas merupakan salah satu lingkungan permukiman kumuh di Kota Pontianak. Tercantum dalam RP2KPKP (Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan) dibagan skala prioritas dan pola penanganan kawasan permukiman kumuh perkotaan Kota Pontianak, parit nenas masuk dalam prioritas penanganan pertama. Perlunya penelitian ini untuk mengkaji keterlibatan masyarakat dalam proses dan pemahaman partisipasi masyarakat pada program peningkatan kualitas permukiman di kawasan prioritas permukiman kumuh lingkungan parit nenas, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara.

Metode penelitian yang digunakan ialah metode deksriptif dan asosiatif dengan pendekatan kualitatif. Penelitiaan ini menggunakan purpose sampling dalam pemilihan informan awal. Selanjutnya, menentukan sumber informasi dengan teknik snowball sampling diikuti dengan triangulasi untuk pengabsahan data.

Hasil penelitian menunjukan warga parit nenas melakukan program-program peningkatan kualitas permukiman kumuh sesuai dengan tahapannya. Warga berpartisipasi secara jenis dan model partisipasi yang terdiri atas pikiran, tenaga, pikiran dan tenaga, keahlian, barang, uang dan dana serta Can do, Like to, Enable to, Aksed to, dan Responded to. Ada  kekurangan  partisipasi dalam  hal pemahaman program dan jenis partisipasi  uang. Hal ini menyebabkan tingkat partisipasi masyarakat dikategorikan “Tokenisme“ dan dikarenakan warga belum memiliki tingkat pemahaman dan kemampuan dalam tahap keberlanjutan program. Berdasarkan hasil penelitian, merekomendasikan perlunya langkah-langkah pendekatan yang lebih intens dan menarik untuk menarik partisipasi warga.

 

Kata-kata kunci: Jenis partisipasi, Model partisipasi, dan Tingkatan partisipasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.