PENGARUH AKTIFITAS PENDIDIKAN DAN PEMUKIMAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN AMPERA KOTA PONTIANAK

Dicky Adi Pratama, Komala Erwan, Heri Azwansyah

Abstract


Kota Pontianak merupakan ibukota provinsi Kalimantan Barat yang memiliki tingkat penduduk yang cukup tinggi, sehingga memliki tingkat pendidikan dan pemukiman yang berbasis ditepi jalan sehingga mempengaruhi arus lalu lintas di jalan tersebut. Jalan Ampera merupakan salah satu jalan di kota Pontianak yang memiliki aktifitas pendidikan dan pemukiman yang berbasis ditepi jalan. Jam sibuk merupakan acuan dasar padatnya ruas jalan tersebut yang menyebabkan tundaan kendaraan yang melalui jalan Ampera. Hal inilah yang memacu untuk dilakukannya penelitian terhadap kinerja ruas jalan Ampera akibat pengaruh aktifitas pendidikan dan pemukiman.

Penelitian dilakukan pada hari senin jumat sebagai acuan hari kerja dan hari minggu sebagai acuan hari libur, pengambilan data dilakukan pada jam 06.00 pagi sampai jam 18.00 sore. Adapun data yang diambil adalah volume lalu lintas, hambatan samping, geometrik jalan, serta Bangkitan dan Tarikan akibat pendidikan dan pemukiman yang terbagi atas 3 segmen. Setelah data diambil data diubah dalam satuan mobil penumpang untuk dianalisis seberapa besar hambatan samping, kinerja dan tingkat pelayanan jalan pada jalan Ampera akibat pengaruh aktifitas pendidikan dan pemukiman. Data dianalisis untuk tahun 2017 dan 5 tahun yang akan datang (tahun 2022). Penelitian ini menggunakan metode MKJI 1997.

Dari hasil analisis data didapat derajat kejenuhan untuk masing – masing segmen memiliki ds = 0,4 untuk tahun 2017. Dari hasil tersebut disimpulkan Jalan Ampera pada tahun 2017 belum memerlukan pembenahan berupa pelebaran jalan. Pada tahun 2022 derajat kejenuhan dijalan Ampera adalah 0,4 untuk segmen 1 dan 2 serta 0,5 untuk segmen 3, meningkat dari 5 tahun sebelumnya (2017) .

 

Kata Kunci : Jalan Ampera, Kinerja Jalan, Bangkitan dan Tarikan, Aktifitas Pendidikan, Aktifitas Pemukiman


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.