EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI GOVERNMENT AND SMART CITY LANDMARK (GENCIL) TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOTA PONTIANAK

Rendi Saputra, Gusti Zulkifli Mulki, Hendri Firdaus

Abstract


Pemerintah Kota Pontianak terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, salah satunya dengan cara mengikutsertakan partisipasi masyarakat melalui pengaduan masyarakat. Government And SmartCity Landmark (GENCIL) merupakan sebuah sistem informasi yang berbasis e-government dan menjadi wadah masyarakat dalam melakukan pelayanan publik di Kota Pontianak. Kehadiran sistem informasi GENCIL memberikan harapan Pemerintah dan masyarakat dari bentuk penerapan sistem informasi yang mana penyajian informasi yang cepat, tepat, dan akurat dalam mendukung pengambilan keputusan sehingga terjadi peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Pontianak. Namun pada kenyataannya tidak semua penerapan SI pada suatu organisasi/pemerintahan dapat memberikan peningkatan yang efektif pada pelayanan publik. Oleh karena itu, peneliti menganalisa dan mengukur efektivitas sistem informasi GENCIL terhadap kualitas pelayanan publik di Kota Pontianak. Sebagai pembanding peneliti juga mengukur efektivitas kualitas pelayanan publik pada masyarakat non GENCIL (masyarakat yang tidak menggunakan SI GENCIL) terhadap kualitas pelayanan publik di Kota Pontianak.

Pendekatan penilitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, observasi dan kuesioner. Teknik analisis pada penelitian ini meliputi uji dua beda rata-rata(kolmogrov smirnov), uji korelasi, uji asumsi klasik, dan analisis regresi. Hasil penilitian menunjukkan perbandingan antara kualitas pelayanan publik pada sistem informasi GENCIL dan non GENCIL di Kota Pontianak dengan mengelompokkan indikator penilaian kualitas pelayanan publik di Kota Pontianak, seperti melihat kualitas informasi, kualitas pelayanan, kualitas pengguna dan tingkat kepuasan pelayanan publik.

 

Kata kunci: E-government, Sistem Informasi GENCIL, Pengaduan Masyarakat, Pelayanan Publik, Efektivitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.