ESTIMASI SUMBERDAYA MENGGUNAKAN METODE CROSS SECTION PADA LOKASI PENGEMBANGAN WIUP CV. MEGA MAKMUR

Jessica Jocunda, Budhi Purwoko, Fitriana Meilasari

Abstract


CV. Mega Makmur merupakan salah satu perusahaan pertambangan batu yang terletak di Desa Peniraman, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat. Wilayah izin usaha pertambangan yang menjadi lokasi penelitian yaitu seluas 11,4 Hektar. Sistem penambangan yang diterapkan perusahaan merupakan tambang terbuka (surface mining) dengan menggunakan metode quarry. Tahapan kegiatan penambangan dimulai dari kegiatan pembersihan lahan dari semak belukar dan pepohonan (land clearing), pengupasan lapisan tanah penutup (overburden removal), pembongkaran batuan melalui peledakan (blasting), pemuatan dan pengangkutan ke alat penghancur (crushing plant). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghitung sumberdaya batuan yang ada di CV. Mega Makmur, serta volume overburden yang menutupi batuan tersebut.

Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian yaitu dengan menggunakan metode sayatan penampang (cross section). Dengan adanya sayatan penampang pada peta kontur, informasi volume tanah penutup dan batuan yang ingin diketahui akan lebih mudah. Tahapan penelitian ini dimulai dengan studi pustaka, pengumpulan data primer, pengolahan data, perhitungan sumberdaya, kesimpulan dan saran.

Hasil penelitian adalah besar volume sumberdaya batu yang terdapat di CV. Mega Makmur, yaitu sebesar 8.391.763,03 BCM. Sementara volume overburden yang menutupi batuan tersebut yaitu sebesar 366.138,873 BCM. Saran yang dapat diberikan untuk perusahaan yaitu segera meningkatkan volume sumberdaya menjadi volume cadangan melalui proses perencanaan tambang.

 

Kata-kata kunci:        Kabupaten Mempawah, sumberdaya, overburden, cross section

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.