EVALUASI SISITEM JARINGAN DISTRIBUSI AIR BERSIH PDAM DI KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

- Zulpiadi, - Kartini, Hari Wibowo

Abstract


Kecamatan Sungai Raya merupakan salah satu daerah di Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat, Kecamatan ini merupakan pusat kegiatan pembangunan serta kegiatan sosial ekonomi. Ketersediaan sarana dan prasarana memberikan dampak terhadap pertumbuhan penduduk serta kebutuhan air. Kebutuhan air bersih PDAM Kabupaten Kubu Raya unit Sungai Raya dengan kapasitas Reservoir sebesar 150 lt/dtk melayani ±14.875 sambungan atau sekitar 37% di Kecamatan Sungai Raya. serta dengan banyaknya dibangun kawasan perbelanjaan dan industri menyebabkan kekurangan air bersih pada jam puncak. Dalam mengevaluasi kebutuhan air bersih yang dibutuhkan di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya pada tahun 2038, sehingga dapat di ketahui besarnya ukuran dimensi jaringan pipa primer air bersih di lokasi studi.

Untuk menentukan proyeksi Penduduk ada beberapa metode yaitu: Arithmatic Rate of Growth Methode, Geometric Rate of Growth Methode dan least Square Rate of Growth Methode. Untuk menentukan pilihan metode proyeksi jumlah penduduk yang akan digunakan dengan hasil perhitungan yang paling mendekati kebenaran harus dilakukan analisa dengan menghitung standar deviasi. Analisa kebutuhan air didapat berdasarkan perhitungan air domestik dan non domestik, Analisa Jaringan  Air Bersih dilakukan dengan menggunakan program Epanet 2.0.

Berdasarkan hasil perhitungan jumlah proyeksi penduduk pada tahun 2038 menggunakan metode aritmatik didapat jumlah penduduk Kecamatan Sungai Raya khususnya 5 Desa pada tahun 2038 adalah 136.223  jiwa, Kebutuhan debit  jam puncak untuk lima desa pada tahun 2018 sebesar 293,04 lt/dt dan pada tahun 2038 sebesar 377,18 lt/dt dan pada data eksisting dengan diameter pipa f300 mm tidak memenuhi standar hidrolis serta perlu adanya evaluasi dan penyesuaian diameter pipa. Setelah dievaluasi diameter pipa yang digunakan untuk pipa primer  adalah pipa f700 mm, f650 mm dan f400 mm, adapun jenis pipa primer yang digunakan  yaitu pipa HDPE dengan nilai koefisien kekasaran 140 .

 

Kata Kunci : Evaluasi jaringan distribusi PDAM Kecamatan Sungai Raya



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.