TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN DESA WISATA DI KAMPUNG WISATA KUANTAN KOTA PONTIANAK

Maria Rolenta Manik, Agustiah Wulandari, Anthy Septianti

Abstract


Pariwisata tidak hanya dikelola oleh badan atau lembaga yang besar, tapi kini juga bisa dikelola oleh masyarakat dengan program desa wisata. Program Desa Wisata di Kota Pontianak salah satunya adalah Kampung Wisata Kuantan. Desa wisata ini dikembangkan dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana tingkat partisipasi masyarakat di Kampung Wisata Kuantan dan Kampung Budaya dalam mengembangkan desa wisata. Faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat, dan dalam bentuk apa saja masyarakat memberikan partisipasi. Melihat perbedaan tingkat partisipasi dengan jarak penelitian dari radius 100, 200, dan 300 m dari titik Kampung Wisata Kuantan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini yaitu faktor partisipasi, bentuk partisipasi, dan tingkat partisipasi berdasarkan tangga partisipasi Arnstein. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, untuk melihat pengaruh variabel bebas (faktor parisipasi dan bentuk partisipasi) dan variabel terikat (kemauan orang berpartisipasi).

Faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat di Kampung Wisata Kuantan adalah bentuk partipasi. Tingkat partisipasi pada tiap radius memiliki perbedaan yang signifikan. Seperti pada radius 100 m tingkat partisipasi masyarakat berada pada tingkat kekuasaan masyarakat. Sedangkan pada radius 200 m, tingkat partisipasi masyarakat tergolong rendah, yaitu berada pada tingkat tidak ada partisipasi. Pada radius 300 m, 20.59% masyarakat berada pada tingkat tokenism, hal ini baik jika dilakukan pendampingan yang baik, tetapi bisa jadi buruk jika tidak mendapat pendampingan yang baik. Dampak wisata yang kecil pada masyarakat radius 200-300 m, menjadi alasan masyarakat radius ini berada pada tingkat tidak ada partipasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.