PERHITUNGAN SUMBERDAYA PASIR PASANG DENGAN METODE PENAMPANG MELINTANG DI AREAL IUP CV. ANUGRAH BUMI BORNEO KECAMATAN BEDUAI KABUPATEN SANGGAU PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Renita Mawarni, - Marsudi, - Sutarto

Abstract


Kalimantan Barat merupakan sebuah wilayah yang kaya akan potensi sumberdaya alam yang dimilikinya. Ada banyak potensi yang masih belum tereksplorasi yang bisa dimanfaatkan demi kepentingan orang banyak, salah satu potensi bahan galian itu adalah pasir pasang karena pasir pasang merupakan bahan pokok dari infrastruktur, konstruksi maupun industri. Maka diperlukan suatu kajian atau perhitungan mengenai jumlah sumberdaya yang terdapat pada CV. Anugrah Bumi Borneo.

Penaksiran sumberdaya yang dilakukan di CV. Anugrah Bumi Borneo menggunakan metode cross section dengan tujuan untuk mengetahui berapa besar sumberdaya pasir pada daerah penelitian.

Luas daerah pasir pada daerah penelitian adalah 6 Ha. Metode cross section (penampang melintang) dilakukan dengan menghubungkan penampang satu dengan penampang lainnya, sehingga setiap perhitungan volume dibatasi oleh dua penampang dan sepanjang jarak antara dua sayatan yaitu 30 meter dengan hasil perhitungan sebesar 135,165.00 .

 

Kata kunci : Cross section, pasir, sumberdaya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.