EVALUASI RENCANA PRODUKSI BAHAN GALIAN EMAS TERHADAP HASIL VOLUME YANG TELAH TERTAMBANG DENGAN METODE CROSS SECTION PADA BLOK MALENGGANG PT. SEKAYAM INTILESTARI MINERAL KECAMATAN SEKAYAM KABUPATEN SANGGAU PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Rai Nugraha, - Sutarto, - Yoga

Abstract


PT. Sekayam Intilestari Mineral adalah salah satu perusahaan pertambangan swasta nasional yang bergerak dibidang pertambangan emas di Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Blok yang telah selesai ditambang pada tahun 2017 adalah blok Malenggang dengan luas 2,3 hektar dengan target penambangan sebesar 384.529 ton batuan samping dan 159.082 ore.

Metode penelitian yang dilakukan adalah melakukan pemetaan topografi di daerah blok malenggang serta menghitung berapa besar volume dan tonase ore serta batuan samping yang telah tertambang dengan metode cross section atau metode penampang.

Hasil pemetaan topografi pada blok malenggang menggunakan GPS Geodetik pada akhir penambangan didapat topografi dengan elevasi terendah 34m dan tertinggi 46m. Volume dan tonase material yang telah tertambang dihitung dengan menggunakan metode cross section didapat hasil 114.508 ton ore dan 194.909 ton batuan samping dan berdasarkan hasil penambangan aktual dilapangan (laporan penambangan) sebesar  111.294 ton ore dan  190.103 ton batuan samping. Dari hasil tersebut didapat bahwa volume dan tonase rencana produksi tidak sesuai dengan volume dan tonase hasil penambangan, dimana terdapat material ore dan batuan samping yang belum tertambang sebesar 44.574 ton ore dan 189.620 ton batuan samping dengan kedalaman 12-15 m. Faktor yang mempengaruhi tidak sesuainya rencana produksi dengan realisasi adalah Eksplorasi awal yang kurang detail dan perusahaan tidak memperhatikan dari segi geoteknik batuan yang ada pada blok malenggang.

 

Kata kunci : blok malenggang, volume, ore, autocad.2007, cross section


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.