KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT DI SEKITAR KAWASAN TAMAN NASIONAL DANAU SENTARUM

- Marlina, Gusti Zulkifli Mulki, Agustiah Wulandari

Abstract


Taman Nasional Danau Sentarum merupakan kawasan konservasi yang memiliki potensi alam, yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di Desa Nanga Leboyan. Desa Nanga Leboyan memiliki berbagai kearifan lokal yang masih berkaitan dengan bentuk kearifan lokal seperti pengetahuan lokal, nilai lokal, keterampilan lokal, sumber daya lokal dan mekanisme pengambilan keputusan lokal. Kearifan lokal sangat penting bagi masyarakat dalam mengelola sumberdaya alam dan pelestarian lingkungan, serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik kearifan lokal masyarakat Desa Nanga Leboyan disekitar kawasan Taman Nasional Danau Sentarum yang berkaitan dengan pola permukiman, budidaya madu, budidaya ikan toman, serta sistem penangkapan ikan ulang-uli dan ikan ringau yang ada di Desa Nanga Leboyan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kearifan lokal masyarakat Desa Nanga Leboyan seperti pola pemukiman memiliki keterkaitan dengan pengetahuan lokal dan sumber daya lokal. Untuk budidaya madu memiliki keterkaitan dengan pengetahuan lokal, nilai lokal dan mekanisme pengambilan keputusan, keterampilan lokal, serta sumber daya lokal. Sedangkan, budidaya ikan toman memiliki keterkaitan erat dengan nilai lokal dan mekanisme pengambilan keputusan lokal, keterampilan lokal serta sumber daya lokal. Sementara, untuk sistem penangkapan ikan ulang-uli dan ikan ringau memiliki keterkaitan dengan pengetahuan lokal, nilai lokal dan mekanisme pengambilan keputusan lokal, keterampilan lokal, serta sumber daya lokal. Hal tersebut menunjukan bahwa tidak semua kearifan lokal Desa Nanga Leboyan memiliki keterkaitan dengan bentuk kearifan lokal.

 

Kata Kunci : Kearifan Lokal, Taman Nasional Danau Sentarum, Desa Nanga Leboyan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.