ANALISA PERHITUNGAN PEMBANGUNAN JALAN PARALEL SUNGAI RAYA DALAM MENGGUNAKAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT)

Sabiq Arbianto Ghurran, - Akhmadali, Heri Azwansyah

Abstract


Jalan adalah prasarana transportasi darat yang diperuntukkan bagi lalu lintas. Jika perkerasan jalan dalam kondisi baik maka arus lalu lintas akan berjalan dengan lancar, demikian sebaliknya. Dengan perkembangan pertumbuhan lalu lintas di Kota Pontianak yang setiap tahun bertambah, maka perlu diadakan peningkatan fungsi infrastruktur dalam hal ini yakni pembangunan jalan menggunakan Perkerasan Kaku atau dikenal dengan Rigid Pavement.

Landasan teori dalam penelitian ini menggunakan metoda Bina Marga 2003. Adapun cara pengumpulan data primer yaitu pengambilan data lalu lintas harian rata-rata langsung di lapangan, sedangkan pengumpulan data sekunder diambil dari Direktorat Samsat Polda Kalbar dalam hal ini data pertumbuhan kendaraan bermotor.

Dalam penelitian ini untuk perkerasan kaku umur rencana 20 tahun dengan laju pertumbuhan lalu lintas di kota pontianak sebesar 8,603% terdapat 295.650 truk 2 as/tahun dengan berat 13 ton yang akan melewati Jalan Paralel Sungai Raya Dalam dan didapat ketebalan pelat 16 cm dengan mutu beton K-350. Untuk perencanaan sambungan melintang umur rencana 20 tahun digunakan dowel dengan diameter 29 mm, panjang 450 mm dan jarak 300 mm. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran untuk perencanaan perkerasan kaku untuk dilaksanakan pada daerah Kota Pontianak.

 

Kata kunci : Perkerasan kaku, ketebalan pelat, mutu beton.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.