ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DOMESTIK DI DESA KEDAMIN DARAT DAN DESA KEDAMIN HILIR

Adlima Damayanti, Gusti Zulkifli Mulki, Riska A. Ayuningtyas

Abstract


Desa Kedamin Darat merupakan salah satu lokasi yang dalam ketersediaan air bersih domestik belum terpenuhi dengan baik. Cakupan pelayanan PDAM belum maksimal dalam pendistribusiannnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan air bersih domestik di Desa Kedamin Darat dan Desa Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu.

Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis kondisi sumber air bersih domestik, analisis proyeksi kebutuhan air bersih domestik dan analisis SWOT untuk merumuskan strategi penyelesaian pemenuhan kebutuhan air bersih domestik.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi sumber air bersih yang digunakan masyarakat Desa Kedamin Darat dan Desa Kedamin Hilir didapati dengan 2 (dua) cara yaitu melalui penyediaan air bersih individual dan perkotaan. Kuantitas dan kualitas air sumur dan air sungai kecil di Desa Kedamin Darat mengikuti kondisi iklim. Kuantitas dan kualitas air PDAM di Desa Kedamin Hilir cukup baik. Kontinuitas aliran air bersih PDAM hanya mengalir 11 jam perhari. Kebutuhan air bersih domestik di Desa Kedamin Darat adalah sebesar 70 liter/orang/hari dan kebutuhan air bersih domestik di Desa Kedamin Hilir adalah 77,5 liter/orang/hari. Hasil proyeksi kebutuhan air bersih 10 tahun mendatang di Desa Kedamin Darat adalah sebesar 101.360 liter/hari dan Desa Kedamin Hilir adalah sebesar 318.215 liter/hari. Strategi penyelesaian masalah pemenuhan kebutuhan air bersih dengan iplementasi strategi analisis SWOT adalah strategi peluang dalam meminimalisirkan kelemahan strategi W-O (Weaknesses-Opurtunities), dengan prioritas utama memaksimumkan strategi pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan bottom-up.

 

Kata kunci: kebutuhan air bersih domestik, proyeksi, pemenuhan kebutuhan air bersih

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.