OPTIMALISASI PARIT SUNGAI JAWI SEBAGAI PUSAT WISATA AIR KOTA PONTIANAK

Niken Pratiwi Yuliansyah, Gusti Zulkfli Mulki, Firsta Rekayasa Hernovianty

Abstract


Parit Sungai Jawi merupakan salah satu kawasan strategis yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kota Pontianak menjadi salah satu kawasan wisata, dengan berbasis potensi lokal dari segi perairan sungai dengan mengacu pada rencana Kota Pontianak sebagai Waterfront City. Saat ini, Parit Sungai Jawi dalam tahap pembenahan oleh Pemerintah namun belum dikelola secara optimal baik segi fisik maupun nonfisik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengoptimalan Parit Sungai Jawi agar menjadi pusat wisata air bagi masyarakat Kota Pontianak.

Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan terdiri dari tiga analisis yaitu 1) Analisis Deskriptif untuk meninjau kondisi dan fungsi Parit Sungai Jawi , 2) Analisis Kelayakan dengan Pedoman Analisis Daerah Operasi Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ADOODTWA) PHKA tahun 2003 untuk melihat kelayakan sebagai wisata serta bentuk aktivitas masyarakat dan 3) Analisis SWOT untuk merumuskan strategi pengoptimalan sebagai pusat wisata air.

Hasil penelitian ini menunjukan kawasan wisata air Parit Sungai Jawi dapat dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata dengan berbasis wisata sungai. Hasil penilaian keseluruhan pada kawasan wisata air Parit Sungai Jawi menunjukan layak berpeluang untuk dikembangkan menjadi pusat wisata air dengan dukungan berupa fasilitas-fasilitas penunjang dan pembangunan yang berkelanjutan dapat membuat kawasan ini menarik wisatawan sehingga atraksi-atraksi wisata seperti kearifan lokal dalam bentuk-bentuk aktivitas masyarakat di parit menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Strategi pengoptimal dengan mengangkat potensi lokal dan berciri khas Kota Pontianak menjadi salah satu alternatif untuk kawasan Parit Sungai Jawi.

 

Kata kunci : Parit Sungai Jawi, wisata air, kearifan lokal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.