ANALISIS KAPASITAS TAMPUNG MAKSIMUM SALURAN DRAINASE JL. TANJUNGPURA

Domie Oktawijaya, - Nurhayati, Azwa Nirmala

Abstract


Parit Tokaya merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang terletak di Kota Pontianak, berfungsi sebagai kawasan pemukiman. Pertumbuhan ekonomi dan penduduk membutuhkan lahan dan sumber daya. Lahan dan air merupakan dua sumber daya yang paling berharga dan paling dibutuhkan oleh setiap makhluk di bumi. Kedua sumber daya itu saling mempengaruhi, perubahan yang satu akan berdampak pada satunya dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung debit limpasan dan

Mengkaji kapasitas tampung di saluran Parit Tokaya.

Dalam penelitian ini dilakukan kajian pustaka untuk menelaah berbagai teori dan melakukan survey awal untuk mengetahui titik-titik lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara primer dan sekunder. Data primer yang dikumpulkan adalah pengukuran pasang surut, kecepatan aliran, potongan memanjang dan melintang saluran sedangkan data sekunder yang dikumpulkan adalah peta lokasi, topografi dan data curah hujan. Data yang diperoleh digunakan untuk menganalisa hidrologi dan hidrometri.

Analisa hidrologi menghasilkan pengukuran lapangan debit maksimum Parit Tokaya di muara saluran dan dilakukan simulasi sedangkan dari analisa hidrometri dilakukan perhitungan debit pembuangan rencana didapatkan debit yang harus dibuang pada saluran sekunder Ramayana adalah sebesar 0,04 m3/det pada curah hujan 1 harian maksimum periode ulang 5 tahun dan 0,048 m3/det periode ulang 10 tahun.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.